BUMP TO BIRTH

Fakta Kehamilan di Usia 30-an



Banyak masyarakat yang berpendapat bahwa sangat riskan hamil di usia yang tidak muda lagi, seperti usia di atas 30 atau 40. Namun, sebenarnya ada banyak fakta yang perlu diketahui agar tetap sukses menjalani kehamilan di atas 30.

1. Peluang Memiliki Bayi Kembar
Menurut ahli kesuburan asal Inggris, Penelope, kesuburan seorang wanita memang mulai menurun sejak pertengahan usia 30 tahun. Perubahan hormon yang terjadi pada usia ini juga memungkinkan Anda melepaskan sel telur ganda pada setiap siklusnya. Hal tersebut meningkatkan kesempatan Anda memiliki bayi kembar.

2. Hamil dengan Gaya Hidup Sehat
Saat hamil di usia ini, para ibu biasanya lebih berhati-hati. Mereka lebih memerhatikan kondisi kesehatan dan menjaga pola makannya dengan menjalani gaya hidup sehat untuk memastikan kehamilannya tetap sehat.

3. Masalah Persalinan
Otot-otot yang terlibat dalam persalinan cenderung lebih lemah bagi ibu yang pertama kali melahirkan di usia 30-an. Hal tersebut dapat membuat persalinan Anda akan berlangsung lebih lama.

4. Dengarkan Kata Ahli
Di usia berapa pun kehamilan memang perlu banyak persiapan. Terlebih saat dijalani ketika kondisi Anda mulai lemah karena usia yang tak muda lagi. Konsultasikan semua keluhan Anda kepada ahli kandungan.

5. Luangkan Waktu untuk Bersantai
Saat usia di atas 30 tahun, kondisi tubuh seorang wanita akan lebih rentan. Mereka lebih mudah merasakan kelelahan selama hamil dan setelah melahirkan. Cobalah luangkan waktu untuk beristirahat atau berlibur, serta melakukan 'me time' untuk mengurangi stres dan lebih rileks. (Aulia/DT/dok.M&B)