FAMILY & LIFESTYLE

Gaya Hidup yang Salah Sebabkan Kanker



Anda harus selektif menganut gaya hidup mulai dari sekarang ya, Moms dan Dads! Sebab, ternyata ada gaya hidup tidak sehat yang meningkatkan risiko Anda terkena penyakit di area hati, mulut, rahim, ginjal, dan kulit.Sebagai contoh, kanker hati merupakan penyakit dengan kasus kejadian yang paling meningkat, yaitu sekitar 66 persen. Sementara itu peningkatan kanker kulit sebesar 61 persen, kanker mulut 48 persen, kanker rahim 31 persen, dan kanker ginjal sekitar 46 persen.

Para ahli menyebutkan semua masalah kesehatan tersebut berhubungan dengan obesitas, merokok, mengonsumsi alkohol, serta terlalu banyak berjemur di bawah sinar matahari. Data dari Office for National Statistics periode 2003-2012 menunjukkan penderita seluruh penyakit-penyakit itu mengalami kenaikan senilai 27 persen.

John Newland, perawat senior di badan amal Macmillan Cancer Support, menyebutkan, “Kita mampu mengurangi risiko terkena kanker secara signifikan dengan mengganti gaya hidup kita. Cara-cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga berat badan, berolahraga lebih banyak, menghentikan kebiasaan mengonsumsi alkohol, dan tidak merokok. Tembakau dinilai sebagai penyebab terbesar dari banyak penyakit kanker, namun saat ini posisinya sudah digantikan dengan obesitas.”

Salah satu perwakilan dari NHS Inggris pun mengungkapkan akses pengobatan merupakan hal yang vital bagi pasien. Jika dilakukan secepat mungkin, tentunya akan memiliki peluang yang besar pula untuk sembuh dan kembali pulih. Dilansir dari Daily Mail, Profesor John Newton dari Public Health England, juga menambahkan bahwa badan pemerintahan perlu ikut serta dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjalani gaya hidup yang baik dan sehat. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)