FAMILY & LIFESTYLE

Manfaat Minum Air Hangat



Selain dapat menenangkan dan membuat tubuh nyaman saat digunakan untuk mandi di pagi atau malam hari, meminum air hangat juga diyakini memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan. Itu sebabnya para dokter seringkali menyarankan seorang pasien dalam kondisi tertentu untuk meminum air hangat. Berikut ini beberapa manfaaat yang bisa Anda dapatkan dari kebiasaan meminum air hangat, seperti dilansir dari sumber Yahoo UK.

1. Membersihkan Tubuh
Air hangat disebut efektif dalam membersihkan tubuh. Kondisi pencernaan Anda yang buruk dapat dengan mudah diobati dengan segelas air hangat yang Anda minum 2 kali sehari. Meminum segelas air hangat di pagi hari juga dapat membersihkan tubuh dari racun dan memperbaiki sistem yang rusak di dalam tubuh. Anda dapat mencampur air hangat dengan madu atau lemon untuk hasil yang lebih baik.

2. Menyembuhkan Sembelit
Sembelit merupakan masalah perut yang umum dialami banyak orang. Setelah bangun tidur di pagi hari, minumlah segelas air hangat dalam keadaan perut kosong untuk meningkatkan gerakan usus yang akan menyembuhkan sembelit. Air hangat dapat memecah partikel makanan dan membawanya melalui usus.

3. Penurun Berat Badan
Banyak ahli diet menyarankan Anda untuk minum segelas air hangat dengan lemon dan madu setiap hari setelah makan untuk menurunkan berat badan. Saran ini memang sangat membantu dalam menurunkan berat badan berlebih. Air panas tersebut akan memecah timbunan lemak dalam tubuh dan membantu dalam proses penurunan berat badan. Lemon memiliki pektin serat yang mengontrol keinginan makanan dan sangat cocok untuk orang-orang yang sedang diet.

4. Atasi Pilek & Batuk
Iritasi yang terjadi pada tenggorokan karena batuk memang menyakitkan. Minum air hangat disebut dapat mengurangi nyeri tenggorokan, batuk berdahak, dan membantu dahak keluar dengan mudah.

5. Meningkatkan Keringat
Minum air hangat terkadang membuat Anda berkeringat. Saat kondisi tersebut, suhu tubuh meningkat dan air mencoba untuk mendinginkan suhu melalui keringat. Berkeringat dapat membantu membersihkan sel-sel kulit.

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Selain membakar timbunan lemak, meminum air hangat juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, serta mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh.

7. Mengurangi Nyeri Tubuh
Minum segelas air panas juga merupakan obat alami dan sederhana yang efektif untuk menyembuhkan nyeri saat menstruasi. Jika Anda mengalami sakit perut, sakit kepala, atau nyeri pada bagian tubuh lainnya, minumlah segelas air panas untuk membantu mengurangi rasa nyeri Anda. (Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)