FAMILY & LIFESTYLE

Kanker Paru-paru & Pankreas Meningkat Pada Wanita



Kanker paru-paru diprediksi sebentar lagi akan menjadi kanker yang paling mematikan di kalangan wanita, bahkan mengalahkan kanker payudara, diakibatkan semakin tingginya tingkat pengisap rokok 50 tahun belakangan ini. Berdasarkan laporan terbaru, persentase wanita yang meninggal karena terkena kanker paru-paru di Negara Uni Eropa pada 2014 meningkat sekitar 8 persen.

Para ilmuwan dari University of Milan, Italia, pun mengungkapkan kanker paru-paru dan kanker pankreas menjadi penyakit paling mematikan disebabkan banyaknya wanita yang juga mulai merokok. “Tahun ini kamu memprediksikan sekitar 41.300 pria dan 41.000 wanita meninggal akibat kanker pankreas. Walaupun angkanya terlihat kecil, namun akan ada kenaikan yang bertahap,” ujar pemimpin studi, Profesor Carlo La Vecchia.

Dilansir melalui Daily Mail, masalah ini cukup memprihatinkan sebab hanya 5 persen pasien kanker pankreas yang berhasil bertahan hidup selama 5 tahun setelah didiagnosis mengidap penyakit tersebut. Profesor Carlo menambahkan, “Dari hal ini kita bisa mengaitkan peningkatan kematian dengan peningkatan penyakit. Untuk itu, melakukan pencegahan serta mendapatkan penanganan yang tepat merupakan cara terbaik untuk melawan kanker pankreas.” (Sagar/DT/Dok. Daily Mail UK)