FAMILY & LIFESTYLE

Cinta untuk Anak Adopsi



Setiap orangtua yang mengadopsi anak diberi kesempatan memberi cinta kasih dan membesarkan anak, sama seperti membesarkan dan mencintai darah daging mereka sendiri. Untuk itu, perawatan dan kebutuhan anak adopsi juga perlu diperhatikan, seperti melindungi darah daging Anda sendiri.

Pastikan Anda memberikan susu formula terbaik untuk bayi asuh Anda, termasuk perawatan dan menjaga kesehatannya. Setelah ia beranjak lebih dewasa, berkata jujur kepada anak tentang kenyataan bahwa ia adalah anak angkat merupakan cara yang lebih baik daripada mereka mendengar hal itu dari orang lain. Bicarakan dengan pasangan, bagaimana cara menyampaikan kepada si anak bahwa ia adalah anak adopsi.

Anda dapat membahas sedikit demi sedikit hal tersebut dengan anak adopsi Anda selama masa pertumbuhan mereka, dengan menggunakan kata-kata sesuai usia mereka yang mudah dimengerti dalam menjawab pertanyaan mereka.

Pastikan juga Anda selalu meyakinkan anak Anda betapa mereka dikasihi dan diinginkan di keluarga Anda. Bayi-bayi yang diadopsi umumnya sering mengalami awal hidup yang traumatik. Perasaan kehilangan dan merasa ditolak oleh keluarga biologisnya sering dirasakan oleh balita dan anak-anak yang diadopsi.

Memang tidak mudah untuk membuat mereka merasa dicintai dan dikasihi. Namun, selama Anda membuktikan bahwa mereka mendapatkan cinta kasih yang mereka butuhkan dari Anda, mereka perlahan akan mencintai, mengasihi, dan mulai percaya diri. Karena pada dasarnya, cinta kasih dapat menyembuhkan segala luka. (Aulia/DT/dok.M&B)