BABY

Bayi Merangkak Mundur?



Beberapa bayi yang baru belajar merangkak, biasanya di usia 6-10 bulan, akan merangkak mundur. Wah, jangan panik dulu sebab itu bukan berarti Si Kecil bermasalah. Bayi yang merangkak mundur, menurut Tanya Remer Altmann, penulis buku The Wonder Years, bayi merangkak mundur untuk menghemat energi!

Jika lengan bayi lebih kuat daripada kakinya, ia pasti akan merangkak mundur. Merangkak mundur bukanlah kesalahan perkembangan anak. Toh, bayi Anda tetap akan sibuk mengkoordinasikan gerak tangan dan kaki dan ia akan belajar mengeksplorasi ruang. Nanti, jika kakinya sudah kuat, ia akan merangkak maju.

Anda dapat membantu Si Kecil memperkuat kakinya dengan cara menarik perhatiannya sehingga ia akan bergerak maju. Misalnya, Anda dapat mengiming-imingi mainan kesayangannya di depan Si Kecil sehingga ia akan otomatis maju. Mungkin sesekali, saat Si Kecil berusaha maju, ia akan sedikit frustrasi. Beri dorongan dan pujian jika ia maju meski hanya selangkah. Tentu Si Kecil akan menjadi bersemangat. (SR/Sagar/DT/Dok. M&B)