FAMILY & LIFESTYLE

Bersihkan Gadget Anda!



Sekarang ini setiap orang rasanya tidak bisa terlepas dari gadget meski hanya sehari. Walaupun selalu diletakkan di tempat yang bersih dan kering, Charles Gerba, ahli mikrobiologi University of Arizona, menemukan jumlah bakteri yang terdapat di gadget (ponsel) lebih banyak dibandingkan dengan bakteri yang terdapat di toilet!

Dari hasil penelitian bakteri yang paling banyak hinggap di gadget adalah bakteri Coliform. Bakteri ini memproduksi beragam racun yang dapat menimbulkan berbagai penyakit. Selain itu ada pula bakteri seperti Streptococcus, Staphylococcus, dan Corynebacterium yang mampu memicu infeksi hebat di dalam maupun permukaan kulit seseorang.

Bakteri dan kuman dapat masuk ke dalam tubuh melalui mulut, telinga, mata, dan hidung. Karenanya, Anda perlu membersihkan gadget secara rutin agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Berikut tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan gadget Anda:

1. Bersihkan dengan alkohol. Untuk mengurangi jumlah bakteri yang ada di gadget, lap bagian belakang dan samping gadget Anda secara rutin dengan kain halus yang sudah dibasahi oleh alkohol. Sedangkan untuk bagian layar Anda bisa mengusapnya dengan air biasa saja. Yang pasti, selalu mencuci tangan setiap kali Anda memainkan gadget.
2.Menggunakan kain dari bahan katun microfiber. Kain microfiber sangat lembut dan aman untuk membersihkan layar gadget Anda tanpa risiko tergores. Tambahkan sedikit air agar kotoran yang menempel ikut terangkat. Jangan memakai cairan kimia yang keras untuk membersihkan layar gadget.
3.Menggunakan selotip. Jika ada kotoran dan debu di area speaker atau antara tombol gadget Anda namun sulit terjangkau oleh kain saat dibersihkan, Anda dapat merekatkan selotip di area-area tersebut lalu mencabutnya. Secara otomatis kotoran dan debu akan menempel di selotip dan terangkat dari gadget. (Sagar/DT/Dok. M&B)