BABY

Si Kecil Nyaman Selama di Pesawat



Berlibur bersama bayi memang cukup merepotkan, terutama jika Anda memilih transportasi udara untuk menghemat waktu. Menurut Lane France, dokter dari situs Babycenter, tidak ada aturan mengenai kapan Si Kecil boleh diajak berlibur jauh dari rumah menggunakan pesawat. Jika Anda merasa yakin dan nyaman, tidak apa-apa. Namun, biasanya bayi usia di atas 7 hari baru diizinkan untuk naik pesawat. Sebelum terbang bersama Si Kecil, berikut tips bagi Anda:

1. Jika bisa, belilah tiket untuk Si Kecil agar Anda dan ia nyaman selama di perjalanan. Akan lebih aman jika Anda membawa car seat untuk ia duduk di pesawat. Meski begitu tanyakan dulu kepada pihak maskapai penerbangan yang akan Anda gunakan apakah ini diperbolehkan.
2. Perhatikan waktu keberangkatan dan kepulangan Anda. Sebaiknya pilih jadwal penerbangan pada waktu Si Kecil tidur siang atau di malam hari, jadi ia tidak rewel dan tidur selama di pesawat.
3. Anda harus memerhatikan secara saksama mengenai peraturan yang berlaku di maskapai penerbangan yang akan digunakan, seperti bolehkah Anda membawa ASIP atau susu untuk Si Kecil ke atas pesawat.
4. Periksa kesehatan Si Kecil baik sebelum berangkat atau pulang ke dokter supaya tidak ada masalah yang serius selama di pesawat.
5 Pastikan segala kebutuhan Si Kecil sudah disiapkan dalam 1 tas sehingga Anda tidak repot mencarinya ketika dibutuhkan. Yang perlu Anda bawa adalah baju, popok, saputangan, makanan, empeng, mainan, dan selimut.
6 Anda bisa menyusui Si Kecil, secara langsung atau melalui botol (pastikan ini diperbolehkan atau tidak oleh maskapai penerbangan sebelum membeli tiket), atau biarkan ia mengempeng ketika pesawat lepas landas serta mendarat untuk mengurangi rasa tidak nyaman di telinganya. (Sagar/DT/Dok. M&B)