TODDLER

Manfaat Ragam Permainan Si Kecil



Bermain adalah pekerjaan seorang anak. Lewat bermain, Si Kecil dapat memelajari banyak hal. Berikut permainan seru yang dapat Anda lakukan bersama Si Kecil dan apa saja manfaat permainan tersebut untuknya!

Menendang dan Melempar Bola

Manfaat: Menendang, mengejar bola, dan melompat dapat melatih motorik kasar Si Kecil. Sementara menangkap dan melempar bola bermanfaat untuk melatih motorik halusnya.

Terbang dengan Pesawat-pesawatan

Manfaat: Melatih indera peraba, kekuatan tubuh bagian atas, dan kepercayaan diri Si Kecil.
Cara bermain: Pegang Si Kecil di bagian dada dan pinggang dalam posisi tengkurap dengan salah satu tangan Anda. Gunakan tangan yang lain untuk menyangga tubuh bagian bawahnya dan dekatkan badannya ke tubuh Anda. Ayun Si Kecil secara perlahan dengan gerakan maju mundur. Biar lebih seru, sambil mengayun, tirukan bunyi pesawat. Permainan ini dapat dilakukan untuk anak usia di atas 1 tahun.

Swing, Mari Berayun- ayun

Manfaat: Merangsang keseimbangan dan keberanian.
Cara bermain: Pegang Si Kecil di bagian ketiaknya sehingga tangannya bebas bergerak. Ayunkan tubuh Si Kecil pelan melayang rendah ke kanan dan ke kiri. Supaya lebih ramai, lakukan permainan ini sambil bernyanyi-nyanyi. Permainan ini cocok untuk anak usia 6 bulan - 2 tahun.

Membunyikan Alat Musik

Manfaat: Melatih motorik halus, mengenal bunyi, serta kemampuan musical Si Kecil.
Cara bermain: Berikan Si Kecil semangat untuk memencet tuts piano mainan atau memukul tongkat drum. Biarkan ia menemukan “nada” sendiri. Bila ia mulai bosan, Anda dapat memainkan lagu sederhana dengan alat musik tersebut. Setelah ia tertarik, tunjukkan kepadanya cara memainkan alat musik itu dengan benar. Permainan ini dapat dilakukan untuk anak usia 6 bulan - 5 tahun.

Menyusun Balok Berwarna

Manfaat: Merangsang kepekaan indera dan melatih Si Kecil mengenali perbedaan bentuk, warna, dan bunyi
Cara bermain: Ajaklah Si Kecil membangun “istananya” sendiri dengan balok mainan atau menyusun puzzle berkeping besar. Permainan ini juga dapat dilakukan dengan benda lain yang memiliki warna ceria, tekstur, dan dapat dibentuk. (FBS/Sagar/DT/Dok. M&B)