TODDLER

Ajari Balita Mengenali Uang



Konsep seseorang tentang uang sebagian besar dipengaruhi oleh bagaimana mereka diperkenalkan dengan uang sejak usia dini. Mengajari anak-anak cara mengatur uang bisa menjadi fondasi finansial yang penting bagi mereka kelak. Mengatur uang bukan hanya sebatas menabung, tapi juga bagaimana menggunakan uang dengan bijak.

Tapi, apa yang sebenarnya harus diketahui anak-anak tahu tentang uang? Menurut situs Moneyasyougrow.org, yang diluncurkan oleh PreSident's Advisory Council on Financial Capability, Si Kecil harus memahami konsep kunci. Sejak dini perkenalkan hal-hal berikut ini:
1. Uang dibutuhkan untuk membeli sesuatu. Misalnya, jelaskan bahwa ia bisa makan cokelat, tapi terlebih dahulu harus membelinya di supermarket.
2. Berkomunikasi dengan anak, bahwa uang didapatkan dengan usaha, yaitu bekerja. Seperti yang orang tuanya lakukan saat ini.
3. Tidak semua hal bisa dihargai dengan uang. Dan ada saatnya di mana anak mungkin harus menunggu waktu yang tepat sebelum ia dapat membeli sesuatu yang diinginkannya. Anda bisa menjelaskan dengan bijak hal ini sesuai umur mereka.
4. Bantu anak untuk memelajari perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan harapan. Misalnya, membeli sepatu karena yang lama sudah sempit adalah kebutuhan, sedangkan membeli sepatu merek yang sedang tren adalah keinginan. Ini akan mempersiapkan mereka untuk membuat keputusan belanja yang tepat di masa depan.

Sebagai langkah awal, orangtua bisa mulai dengan membelikan anak celengan. Brenda Nayonis, wakil presiden senior di Rockford Bank & Trust di Rockford, Illinois mengatakan, celengan membantu Si Kecil menjadi lebih sadar secara finansial sejak dini.Cukuplah dimulai dengan membeli celengan yang lucu. Untuk menarik minat Si Kecil, biarkan ia yang memilih celengannya, lalu bisa juga Anda ajak ia menghias celengan tersebut dengan tulisan atau gambar yang ia suka.


(Asti Wulan/DT/dok.M&B UK)