TODDLER

Si Kecil Takut ke Dokter (2)



Suasana ruang dokter yang kurang nyaman atau rumah sakit dengan segala perlengkapan medisnya memang dapat menjadi pemandangan seram bagi balita Anda. Yang membekas dalam ingatannya, pengalaman pergi ke dokter bukanlah pengalaman yang menyenangkan untuknya. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba tips sederhana ini. Semoga Si Kecil tidak takut lagi pada dokter ya, Moms!

Waktu Yang Tepat

Penting bagi Anda mencari waktu yang tepat bagi Si Kecil untuk pergi ke dokter. Karena itu sebelum Anda membuat janji, sebaiknya lihat dulu kapan waktu Si Kecil tidur siang, nonton film kartun kesukaannya, atau bermain bersama teman-temannya. Jangan mengambil waktu saat Si Kecil sedang menikmati istirahat atau melakukan hobinya karena ia pasti akan menolak dan rewel.

Berikan Hadiah
Sesekali Anda dapat memberikan pujian atau hadiah kecil bila Si Kecil berhasil menaklukkan rasa takutnya bertemu dokter. Ajak Si Kecil makan es krim favoritnya atau mengunjungi playground usai dari tempat praktik dokter. Jangan berikan pujian berlebihan, misalnya dengan bertepuk tangan. Kecupan di kening atau usapan di kepala sudah cukup menjadi tanda bahwa Anda bangga pada Si Kecil. Dengan begitu anak Anda merasa dihargai dan senang bila diajak kembali ke dokter.

Berikan Rasa Nyaman
Anda juga harus dapat memberikan rasa nyaman kepada Si Kecil saat bertemu dokter, misalnya dengan membawa mainan favoritnya, buku cerita, atau benda kesayangannya. Saat Si Kecil diperiksa oleh dokter, biarkan ia duduk tenang dan Anda cukup berdiri dekatnya. Bila ia menangis, Anda tidak perlu memarahinya. Katakan pada Si Kecil menangis boleh saja asalkan ia tetap duduk tenang saat dokter memeriksa kondisi tubuhnya agar pemeriksaan cepat selesai sehingga ia boleh segera pulang.

Pilih Dokter yang Menyenangkan
Pilihlah dokter yang sikapnya bersahabat pada anak-anak dan dan murah senyum. Bila Anda melihat gelagat Si Kecil tidak merasa nyaman dengan dokter di hadapannya, sebaiknya mulailah mencari alternatif dokter lain.

Bermain di Ruang Tunggu
Beberapa rumah sakit biasanya menyediakan tempat bermain untuk anak. Biarkan Si Kecil bermain sambil menunggu antrian. Selain mainan, biasanya klinik atau rumah sakit juga menyediakan buku bacaan untuk anak. Bila Si Kecil bosan dan gelisah menunggu antrian, jadilah ibu yang kreatif dengan mengajak Si Kecil bermain bersama, misalnya melakukan permainan menebak suara binatang. (FBS/Sagar/DT/Dok. M&B)

Baca juga : Si Kecil Takut ke Dokter (1)