TODDLER

Membiasakan Si Kecil Mandiri



Kemandirian perlu diajarkan sedini mungkin pada anak Anda. Meskipun demikian banyak orangtua yang melewati cara mengajarkan anak mandiri dikarenakan beberapa alasan, salah satunya karena orangtua sibuk dengan pekerjaan di luar rumah atau ketergantungan antara anak dan orangtua hingga sulit untuk Anda melepaskannya.

Perilaku anak dapat dibentuk dari pengaruh lingkungan, sedangkan lingkungan terbesar anak-anak adalah rumah. Salah satunya adalah ketika sebagian anak takut pada hal baru sedangkan sebagian lagi justru mencoba dengan berani. Di satu sisi, orangtua sering merasa tidak yakin saat Si Kecil berkata, “Saya bisa melakukannya sendiri”. Padahal , dengan cara membiarkan mereka melakukannya, Anda secara tidak langsung dapat menilai kemandirian anak Anda. Berikan mereka kebebasan itu agar Anda bisa menilai apakah mereka benar-benar bisa melakukan hal tersebut sendiri.

Berikut ini kebiasaan rutin yang bisa dilakukan sehari-hari seperti yang dilansir dari whattoexpect.com:
Menyikat Gigi
Berilah kesempatan Si Kecil bila mereka ingin menyikat giginya sediri. Tapi, bila Anda merasa mereka masih salah, pelan-pelan beri tahu cara yang benar. Tidak apa-apa untuk menunjukkan apa yang harus dilakukan (menunjukkan pada gigi Anda sendiri atau membiarkannya melihat di cermin ketika Anda melakukannya). Pada akhirnya anak dapat memahaminya, dan yang terpenting mereka bangga karena bisa menyikat gigi sendiri meski belum dengan teknik yang benar.
Berpakaian dan Membuka Baju
Tidak dapat diragukan lagi, mengambil pakaian adalah jauh lebih mudah daripada mengenakannya di tubuh. Pada usia 2 tahun, Si Kecil bisa mulai belajar untuk mengenakan pakaian sendiri. Pada usia 3 tahun, Si Kecil bisa berpakaian sendiri dari kepala hingga ujung kaki (meskipun Anda masih harus membetulkan jika terjadi salah pasang kancing). Untuk saat ini, agar dapat mengajarinya mandiri, berilah mereka pakaian yang mudah dikenakan. Jika ia terkadang masih sulit untuk memakai atau membuka baju sendiri, tak ada salahnya Anda membantunya. Bersabarlah sedikit, pada saatnya nanti, mereka pasti akan dapat melakukannya seorang diri.
Cuci Tangan
Ajarkan anak Anda untuk mencuci muka dan tangan sendiri meskipun pada awalnya mungkin pakaiannya akan basah. Tunjukan kepadanya cara membuka dan menutup keran, membasuh muka, menggunakan sabun tangan, hingga menggunakan gayung kecil.
Pekerjaan Rumah Tangga

Pada usia 2 tahun, biasanya Si Kecil suka meniru kebiasaan orang di sekitarnya. Mereka senang membantu dan mereka suka merasa kompeten. Jadi inilah waktu yang tepat untuk memperkenalkan hal sederhana soal pekerjaan. Misalnya, membereskan mainan pada tempatnya atau menyapu lantai. Tentu saja, Anda tidak bisa mengharapkan mereka melakukannya dengan sempurna. Tapi yang pasti, Anda sudah mengajarkannya untuk mandiri.

(Asti Wulan/DT/dok.M&B UK)