TODDLER

Tanamkan Sikap Suka Memberi Sejak Dini



Mungkin bagi Anda mengajarkan konsep beramal kepada Si Kecil memang terkesan berlebihan dan sia-sia. Apalagi di tahapan usia 2-3 tahun, ego Si Kecil sedang tinggi-tingginya dan ia baru mengerti konsep memiliki. Tidak heran, ia pun bersikap posesif sebagai perwujudan dari kebutuhan psikologisnya untuk mandiri dan menguji kemampuannya mempertahankan diri.

Kendati demikian, mendidik Si Kecil untuk suka dan rela memberi sejak dini adalah investasi bagi masa depannya. Sulit, namun bukan berarti tidak bisa! Anda bisa memulainya dengan langkah-langkah sederhana berikut ini:

1. Bangun keluarga yang hangat dan lekat. Seseorang yang mendapatkan banyak cinta akan memiliki sensibilitas dan simpati terhadap orang lain yang kesusahan.

2. Jadikan memberi sebagai tradisi. Misalnya tiap ulang tahun, merayakan prestasi, dan hari raya, Anda bertukar kado sekeluarga. Tak perlu mahal, yang penting kegembiraannya.

3. Jadilah sang pemberi hadiah sepanjang tahun! Percuma bila Anda memberi kado hanya di hari ulang tahunnya tapi sepanjang tahun Anda pelit. Ajak Si Kecil menggunakan kesempatan memberi sumbangan atau bingkisan untuk orang-orang yang membutuhkan setiap waktu.

4. Berikanlah diri Anda. Tidak perlu uang dan barang, tunjukkan bahwa membantu sesama bisa juga melalui penyediaan waktu dan tenaga.

5. Memberi dengan senyum. Tunjukkan bahwa tindakan memberi adalah sesuatu yang menyenangkan dan menguntungkan. Jika teman kita senang, kita juga ikut senang. (FR/Sagar/DT/Dok. M&B)