BABY

Mengenal Attachment Parenting (4)



Dr. William Sears sangat terkenal dengan teori Attachment Parenting-nya. Lewat teori ini, ia menjelaskan konsep 7B yang dapat membuat hubungan Anda dan Si Kecil melekat semakin dekat.

6. Beware of Baby Trainers
AP mengajarkan Anda untuk lebih selektif terhadap nasihat-nasihat yang datang dari luar, khususnya ketika berkaitan dengan pola asuh Anda. Saringlah nasihat tersebut lebih dahulu dan pertimbangkan baik-baik apa dampaknya nanti. Jangan menelan bulat-bulat pendapat yang mengatakan bahwa penting bagi Anda untuk menerapkan jadwal yang rutin pada Si Kecil. Menurut Dr. William, ini sama saja dengan mengajak Anda untuk lebih memerhatikan jam dibanding anak Anda sendiri. Saat ini, sudah semakin banyak jenis pola asuh yang dikenalkan baik lewat buku, maupun media lain, namun AP mengajak Anda untuk menemukan pola asuh Anda sendiri.

7. Balance
Keinginan untuk selalu memberikan yang terbaik pada buah hati, terkadang membuat Anda mengenyampingkan hal-hal lain yang juga penting, seperti tidak terjebak untuk memanjakan Si Kecil, menjadi terlalu posesif sehingga anak tak mendapat kesempatan untuk belajar mandiri, melupakan kepentingan diri sendiri atau justru pasangan Anda. AP juga menekankan pada keseimbangan hidup Anda, tak hanya sebagai ibu, tetapi juga sebagai istri, dan berbagai peran lain yang Anda jalankan. Menjalankan keseimbangan dalam konsep AP adalah menjadi reponsif dengan kebutuhan Si Kecil, yaitu tahu pasti kapan harus berkata iya dan kapan harus berkata tidak. Dan tentunya tahu kapan harus berkata iya jika Anda memang membutuhkan bantuan saat mengurus Si Kecil.

AP bukanlah sebuah teori pola asuh, melainkan cara atau pendekatan agar Anda menemukan pola asuh yang tepat bagi Anda dan juga Si Kecil. Menjadi orang tua adalah sesuatu yang personal, tidak bisa disamakan antara satu orang dengan yang lain, mengingat karakter tiap orang pun berbeda. Lagi pula, bayi adalah individu yang kompleks dan unik, mereka tidak bisa disamakan hanya dengan menggunakan satu jenis pola asuh saja. Intinya adalah untuk menemukan pola asuh yang tepat bagi Anda dan Si Kecil, Anda harus menjadi terhubung dengannya, dan teori 7B ini akan sangat membantu Anda menemukan pola asuh Anda sendiri. (OCH/Dok. M&B UK)