BABY

Manfaat Attachment Parenting (2)



Ada beberapa manfaat attachment parenting bagi Anda dan Si Kecil, yaitu:

3. Perilaku anak yang lebih baik
Anak yang dekat dengan orang tuanya akan jarang menangis. Ia juga akan jarang mengalami kolik atau rewel, karena tiap kebutuhannya direspons dengan baik. Bayi dengan kondisi mood dan fisik yang baik, tentu akan berperilaku baik pula (sama dasarnya dengan perilaku orang dewasa).

4. Mendorong tumbuh kembang optimal
Jika seorang anak jarang menangis, lalu apa yang ia lakukan untuk mengisi waktunya? Selama 25 tahun penelitian, Dr. William menemukan bahwa anak-anak yang mengalami tumbuh kembang optimal adalah mereka yang diasuh penuh perhatian oleh sang ibu, sering didekap dalam gendongan ibu (atau ayah), disusui, dan tidur bersama dengan orang tuanya. Dengan pengamatan ini, jelas diketahui bahwa bayi yang terikat dekat dengan orang tua akan bertumbuh dan berkembang dengan baik. Memang setiap bayi bertumbuh, namun tidak semua bayi berkembang. Bertumbuh dalam arti penambahan ukuran fisik, sedangkan perkembangan berhubungan dengan potensi organ dan keterampilan dalam diri anak.

5. Membentuk anak yang lebih pintar
Jika AP membantu anak memiliki perilaku yang lebih baik dan tumbuh kembang yang optimal, apakah ia juga akan menjadi lebih pintar? Ya. AP adalah makanan terbaik bagi otak. Alasannya, kedekatan anak dengan orang tuanya menciptakan stimulasi terbaik untuk membentuk koneksi antar sel otak (sinaps) yang tumbuh pesat di dua tahun pertama usia anak. Semakin banyak sinaps yang terhubung, maka semakin cerdas pula Si Kecil. (OCH/ Dok. M&B UK)