FAMILY & LIFESTYLE

Buah Pir Bagi Kesehatan



Buah pir dikenal dengan buah yang rendah lemak dan kalori. Dikemas dengan vitamin, mineral, antioksidan, serta serat yang tinggi, buah pir menjadi salah satu buah yang menawarkan manfaat kesehatan bagi Anda, seperti berikut.

Atasi Diabetes
Seorang ahli gizi dari Inggris, Dr Sam Christie mengatakan, polifenol dalam buah pir memiliki efek yang dapat melindungi Anda dari penyakit diabetes tipe 2. Polifenol terkait dengan efek hipoglikemik, yang dapat membantu menurunkan gula darah. Namun, jika dikonsumsi lebih dari lima kali seminggu, buah pir juga dapat meningkatkan sensitifitas insulin dalam tubuh Anda. Buah pir juga melindungi Anda dari beberapa penyakit degeneratif, seperti masalah peredaran darah, mata, kulit, dan ginjal. Pelifenol juga dapat ditemui dalam buah apel, anggur hitam, blueberry, dan sayuran.

Masalah Paru-Paru
Buah pir juga digunakan dalam pengobatan Cina untuk mengatasi penyakit paru-paru. Olahan buah pir dalam jus dapat melumasi tenggorokan dan membantu mengurangi dahak, karena kandungan antioksidan glutathione di dalamnya. Seorang praktisi pengobatan Cina, John Tsagaris, Glutathione meningkatkan kekebalan paru-paru dan membantu mencegah infeksi bakteri atau virus dengan mengatur penumpukan lendir. Namun, ia mengingatkan bahwa buah pir tidak bisa mengobati sesak napas atau kondisi medis yang darurat.

Meningkatkan Peluang Kehamilan
John Tsagaris menambahkan, buah pir mengandung beberapa nutrisi yang mendukung kehamilan, termasuk asam folat. Setiap buah pir berukuran besar menyediakan sekitar 14 mikrogram folat, yang memberikan kontribusi RDA sebesar 200 mcg untuk orang dewasa dan 700 mcg dalam 12 minggu pertama kehamilan. RDA adalah kebutuhan selenium yang direkomendasikan. Kita tahu bahwa folat sangat penting untuk mencegah cacat lahir dan perkembangan otak janin. Folat juga sangat penting dikonsumsi pada masa awal kehamilan.

Cegah Alergi
Buah pir seringkali diberikan kepada bayi sebagai buah pertama yang dikonsumsinya. Bukan hanya karena rasanya, tetapi karena kandungan buah ini dapat menekan reaksi alergi. Buah pir mengandung antihistamin quercitin alami, yang dapat mengatasi gejala demam dan alergi.

Melindungi Tulang
Buah pir kaya akan mineral boron, yang membantu untuk menjaga kalsium dalam tubuh. Pir juga mendukung produksi hormon estrogen, yang membantu tubuh Anda mencegah keropos tulang. Dalam satu buah pir mengandung sekitar sepersepuluh dari kebutuhan harian kalsium Anda. Pir juga kaya akan vitamin K yang sangat baik bagi kesehatan tulang. (Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)