FAMILY & LIFESTYLE

Ibu Bekerja Miliki Anak Perempuan Lebih Sukses?



Menjadi ibu bekerja memang tidak mudah. Selain bertanggung jawab terhadap pekerjaan kantor, ia juga harus melaksanakan tugas untuk melayani suami dan anak di rumah. Namun, siapa sangka kalau ibu bekerja justru membuat anak-anaknya lebih sukses?

Studi terbaru yang dilakukan Universitas Harvard mengungkapkan bahwa ibu bekerja membawa dampak positif terhadap keluarganya, khususnya bagi anak perempuannya. Menurut data yang dikumpulkan dari 24 negara pada 2002 sampai 2012, ditemukan bahwa anak perempuan dari ibu bekerja rata-rata memiliki pekerjaan yang lebih baik, dibayar lebih tinggi, dan lebih mapan saat mereka dewasa. Studi ini juga menemukan bahwa 33 persen anak perempuan dari ibu bekerja berada di posisi manajerial dalam pekerjaannya.

Menariknya, studi ini juga menemukan bahwa anak laki-laki dari ibu bekerja tumbuh menjadi pria yang lebih peduli dengan keluarga dan urusan rumah. Meskipun tidak ditemukan hubungan antara status pekerjaan ibu dan pola kerja anak laki-laki ketika dewasa, tetapi mereka cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk merawat anggota keluarganya, dibandingkan anak laki-laki yang dirawat oleh seorang ibu rumah tangga.

Kathleen McGinn, penulis utama studi tersebut mengatakan, "Dapat disimpulkann bahwa ibu bekerja menciptakan lingkungan yang mengajarkan anak-anak mereka untuk beradaptasi dan bersikap, serta mengajarkan kemandirian. Ketika Anda pergi bekerja, Anda juga membantu Si Kecil untuk memahami bahwa ada banyak kesempatan bagi mereka untuk bereksplorasi secara mandiri tanpa merasa tertekan.” Penelitian ini tentu menjadi berita gembira bagi Anda para ibu bekerja. Namun, perlu diingat bahwa Anda tetap wajib memantau perkembangan Si Kecil di rumah. Berkomunikasilah secara rutin dengannya saat Anda sedang di kantor. (Aulia/DC/Dok. M&B Australia)