BABY

Efek Samping Vaksin Influenza bagi Anak



Baik obat maupun vaksinasi pasti menimbulkan efek samping pada tubuh. Jika Si Kecil habis melakukan vaksinasi influenza, efek samping yang akan dialami adalah suara serak, merah, nyeri, dan bengkak di area yang diinjeksi, mata menjadi kemerahan, demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan.

Apabila setelah divaksinasi influenza Si Kecil merasa mual, sakit kepala, penglihatannya kabur, kuping berdengung, ataupun pingsan, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Ingat, Moms! Setelah divaksinasi, sebaiknya Si Kecil duduk atau berbaring terlebih dahulu sekitar 15 menit.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), gejala-gejala ini akan hilang 1-2 hari setelah divaksinasi. Namun, efek serius juga dapat terjadi meskipun sangat jarang. Jika muncul reaksi alergi, seperti biduran luas, muka bengkak, tenggorokan tersumbat hingga kesulitan bernapas, dan denyut nadi terasa lemah setelah beberapa jam divaksinasi, segera bawa Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. (Sagar/DC/Dok. M&B UK)

Baca juga: Vaksin Influenza Untuk Bayi