FAMILY & LIFESTYLE

Keajaiban ASI untuk Ibu dan Bayi



Tahukah Anda bahwa ada 1 hal terindah yang dapat Anda berikan kepada Si Kecil? Hal itu adalah Air Susu Ibu (ASI). Dengan berbagai kandungan nutrisi, ASI menjadi cairan tanpa tanding yang menghembuskan keajaiban untuknya. ASI diramu secara istimewa, sangat kaya akan zat gizi, dan bersifat mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi yang masih sensitif.

Zat gizi yang terkandung di dalam ASI, salah satunya minyak Omega-3 yang mengandung asam linoleat alfa untuk perkembangan otak dan retina mata bayi. Berdasarkan penelitian Dr. Lisa Martin dari Pusat Kedokteran Rumah Sakit Anak di Cincinati, Amerika Serikat, ASI mengandung kadar hormon protein tinggi yang disebut adiponectin dan hormon leptin yang berhubungan dengan metabolisme lemak. Semua zat tersebut sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti serangan jantung, obesitas, dan diabetes tipe-2.

ASI juga kaya akan oksitosin, hormon yang bisa memberi efek rileks pada Anda dan Si Kecil. Anda akan merasa sangat rileks dan ia menjadi tenang bahkan mengantuk. Zat lain yang terkandung adalah laktosa yang bisa menghilangkan rasa haus dan lapar. Sementara, kandungan protein penuh bermanfaat untuk perkembangan tulang dan otaknya. Sementara bagian yang seperti krim kental mengandung semua lemak baik guna meningkatkan berat badan Si Kecil.

Memberikan ASI juga bermanfaat untuk Anda. Saat Anda menyusui, akan tercipta bonding antara Anda dan Si Kecil. Selain itu, isapan ASI dapat meningkatkan kontraksi pada rahim, sehingga dapat mengembalikan rahim ke ukuran semula, serta mencegah pendarahan. Dalam hal pencegahan penyakit, ASI juga dapat menurunkan beberapa risiko, seperti kanker payudara dan indung telur, penyakit di sekitar persendian, serta hormon Leptin yang bisa membakar kalori, sehingga dapat mempercepat penurunan berat badan. (IMR/Aulia/DC/Dok. M&B)