BUMP TO BIRTH

Perawatan Payudara Saat Menyusui



Mia Sutanto, Ketua AIMI, mengatakan bahwa perawatan payudara secara rutin sangat memengaruhi produksi dan suplai ASI. Namun, masih banyak ibu yang mengabaikan hal tersebut. Bisa jadi lantaran malas dan lupa atau mereka memang belum mengetahui teknik dan manfaatnya. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan fungsi dan bentuk payudara, yaitu:

1. Saat mandi, bersihkan payudara dengan handuk kecil yang telah direndam air hangat. Usapkan pada payudara dan puting sambil ditekan sedikit. Setelah itu, kompres lagi dengan air dingin. Jangan membilas payudara atau puting dengan busa sabun karena akan membuatnya kering.

2. Lakukan pijat payudara dengan teknik yang benar untuk menghindari atau mendeteksi potensi munculnya benjolan akibat pengendapan stok ASI berlebihan dalam kantung payudara. Dengan langkah pemijatan, sirkulasi darah pada pembuluh di payudara pun menjadi lebih lancar. Teknik pemijatan payudara bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni:

Teknik spiral, dilakukan menggunakan 2 jari tangan, yaitu telunjuk dan jari tengah yang saling menempel. Letakkan 2 jari tersebut pada bagian atas atau bawah, sisi kanan atau kiri payudara yang berkulit cerah (bukan di aerola atau di puting). Gerakkan jari secara memutar sambil ditekan sedikit hingga mengelilingi payudara (seperti spiral) dengan putaran 360 derajat atau kembali ke posisi saat pertama jari diletakkan.

Teknik mengulak,dengan menggunakan kepalan tangan. Letakkan permukaan kepalan tangan pada posisi pilihan yang sama dengan teknik spiral. Mulailah memijat sambil sedikit ditekan dengan mengelilingi payudara (seperti gerakan mengulak) hingga putaran 360 derajat.

3. Pakailah bra yang pas atau bra khusus menyusui. Sebaiknya, gunakan bra menyusui yang elastis dan sesuaikan ukurannya dengan payudara Anda. Pemakaian bra yang telalu ketat akan menekan payudara, sehingga pembuluh di dalamnya akan menghambat aliran darah dan produksi ASI.

Menurut Mia, yang terpenting dalam pemberian ASI eksklusif adalah manajemen yang baik dan tepat. Anda perlu mempersiapkan diri. Tanamkan dalam benak Anda bahwa ASI adalah hadiah terbaik dan Anda pasti bisa memberikannya. Selamat menyusui! (IMR/Aulia/DC/Dok. M&B)