FAMILY & LIFESTYLE

Mengatasi Infeksi pada Mata Anak



Conjunctivitis atau infeksi pada mata adalah salah satu infeksi yang mudah menular pada anak-anak. Radang pada selaput yang melapisi bola mata dan bagian dalam kelopak mata ini terkadang muncul menyertai flu, atau muncul karena infeksi virus.

Beberapa gejala yang muncul dalam penyakit ini di antaranya, salah satu atau kedua mata tampak kemerahan, terasa perih. Matanya akan berair, kalau penyebabnya adalah infeksi virus. Muncul belek berwarna putih atau kekuningan, apabila penyebabnya oleh infeksi bakteri. Pada pagi hari matanya susah dibuka, kelopak mata membengkak. Matanya terasa gatal dan ia akan cenderung menggosok-gosokkan matanya.

Anda dapat mencoba cara berikut untuk mengurangi dan mengatasi infeksi pada mata Si Kecil

1. Bersihkan mata Si Kecil secara rutin. Cuci tangan Anda, celupkan kapas ke dalam air matang yang telah didinginkan, lalu peras. Usapkan secara lembut dari bagian dalam mata ke bagian luar. Ganti kapas dengan kapas bersih yang baru untuk membersihkan mata sebelahnya. Pastikan Anda telah mencuci tangan setelah melakukan pembersihan.
2. Pisahkan handuk yang digunakannya dengan handuk milik anggota keluarga lainnya.
3. Usahakan agar ia tidak mengusap-usap mata. Kalau ia tidak sengaja melakukan itu, segera cuci tangannya.
4. Segera bawa ke dokter jika mata Si Kecil semakin membengkak.
5. Terkadang dokter menganjurkan membersihkan mata bayi yang belekan dengan kapas yang dibasahi ASI. Anda juga dapat mencobanya, tapi konsultasikan dahulu pada dokter Anda. (Aulia/DT/dok.M&B)