FAMILY & LIFESTYLE

Jangan Takut Menjadi 'Not So Perfect Mom!'



Banyak ibu yang membandingkan dirinya dengan ibu-ibu lain dan merasa tidak sempurna, terutama ibu bekerja yang tidak selalu memiliki waktu untuk anak-anak mereka. Kendati demikian, Ajeng Raviando Psi, psikolog, Sandra Ratnasari, Editor in Chief Mother&Baby Indonesia, dan Cisca Becker, selebriti, dengan bangga menyatakan bahwa mereka memang bukan ibu yang sempurna.

“Apa yang saya rasa sempurna, ternyata belum tentu sempurna di mata anak-anak. Saya juga suka melihat anak-anak kurang di mata saya. Padahal, ketika saya menuntut anak-anak untuk sempurna, saat itulah saya seperti berusaha menutupi ketidaksempurnaan saya,” ujar Sandra.

Cisca Becker merasa tidak sempurna sebagai ibu ketika tidak bisa memberikan seluruh waktu untuk mengasuh kedua putrinya, karena jadwal pekerjaannya yang padat. “Meski begitu, saya dan suami selalu berkomitmen untuk menggunakan waktu yang tersisa bagi kedua anak kami. Alhasil, mau tidak mau social lifesaya harus dipotong. Jalan-jalan dengan teman sudah tidak sesering dulu. Dan mungkin, nama saya sudah dicoret dari daftar pertemanan, karena sudah terlalu sering menolak bertemu. Haha,” ungkapnya.

Karakter sempurna sendiri berbeda bagi setiap orang. Menurut Rosdiana Setyaningrum, M.Psi, MHPEd, psikolog yang akrab disapa Diana, sempurna bagi seorang ibu berarti harus selalu tampil cantik, rumah rapi, bisa mengajarkan anak berbagai hal, pintar masak, pintar menjahit, melayani suami dengan segenap jiwa, serta mengusai berbagai keterampilan lainnya. Tentunya, tidak ada ibu yang mampu menjadi seperti itu.

“Saya menyarankan, ibu tidak perlu berusaha menjadi sempurna, cukup menjadi lebih baik setiap harinya. Jadi, ibu tetap punya ruang untuk berkembang. Perlu disadari pula, setiap anak memiliki karakter beragam, sehingga cara mengasuhnya pun berbeda. Karena itu, ibu tidak perlu menjadi sempurna bagi anak, tetapi cukup menjadi seseorang yang mengerti kebutuhan mereka ,” jelas Diana dalam peluncuran buku pertamanya, Not so Perfect Mom, di Mother&Baby Fair hari ke-2 (16/10) di Balai Kartini, Jakarta. Karenanya, jangan takut untuk menjadi ibu yang tidak sempurna dan nikmatilah setiap momen Anda bersama Si Kecil ya, Moms! (Sagar/DC/Dok. M&B)