TODDLER

Waspadai Gejala Kanker pada Anak!



Menurut data resmi dari Internasional Agency for Research on Cancer (IARC), 1 dari 600 anak menderita kanker sebelum mencapai usia 16 tahun. Kanker juga menjadi penyebab 10 persen kematian pada anak. Menurut dr. Haridini Intan S.M, Sp.A., dari RS Kanker Dharmais, kanker bukan penyakit menular dan dapat disembuhkan bila ditangani dengan baik. Kematian karena kanker pun dapat dicegah, jika orangtua mewaspadai gejala awal penyakit ini.

Kemampuan bertahan hidup anak penderita kanker akan cukup besar bila penyakitnya diketahui pada stadium awal. Gejala penyakit ini, menurut dr. Haridini adalah demam tinggi selama 2 minggu, wajah pucat, kehilangan nafsu makan, tubuh lemas, perut membesar, mengeras, dan nyeri.

Kanker yang paling banyak diidap anak-anak adalah kanker darah dan kanker getah bening. Sedangkan, jenis kanker lain yang biasa terjadi pada anak-anak adalah kanker sumsum tulang, otak, mata, ginjal, dan otot. Penyebab kanker hingga kini belum diketahui. Namun, diduga kanker pada anak berkaitan dengan radiasi sinar radioaktif, bahan-bahan kimia, faktor genetik, dan infeksi virus. (FBS/Sagar/DC/Dok. M&B UK)