TODDLER

Agar Si Kecil Bebas Flu di Musim Hujan



Musim hujan sudah datang! Pada saat ini, anak-anak biasanya rentan terkena flu. Udara yang dingin dan lembap memancing datangnya virus penyebab flu pada Si Kecil. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya terkena flu. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Stop konsumsi junk food!

Anak-anak tentu menggemari junk food,dari ayam goreng, hingga camilandalam kemasan. Tetapi di musim hujan ini, Anda sebaiknya tidak membiarkan Si Kecil mengonsumsi junk food untuk mencegah ia batuk akibat MSG dan berujung pada flu. Untuk mengatasinya, Anda dapat membuat camilan sehat di rumah, seperti jagung rebus yang ditabur keju parut dengan topping susu manis, roti bakar, atau panekuk. Dengan begitu, kebersihan asupan Si Kecil pun akan terjaga.

Wajib sayur dan buah

Sayur dan buah adalah bahan alami yang mengandung fitonutrisi. Jika Si Kecil mendapatkan asupan fitonutrisi yang cukup, daya tahan tubuhnya akan meningkat dan mampu melawan penyakit. Tak hanya itu, tubuhnya pun akan bekerja lebih baik. Berikan ia bayam, tomat, semangka, dan sayuran lainnya setiap hari agar tidak terkena flu di musim hujan.

Siapkan 'senjata' saat keluar rumah

Jangan lupa menyiapkan peralatan untuk menghadapi hujan, jika Si Kecil beraktivitas di luar rumah, seperti sekolah, bermain, atau les. Siapkan payung, jas hujan, topi, jaket, hingga sepatu bot untuk melindunginya dari hujan dan genangan yang rentan terkontaminasi bakteri pencetus flu.

Jaga kebersihan tubuh

Virus dan bakteri bisa menular melalui udara, sementara tubuh yang tidak bersih memperbesar kemungkinan masuknya virus. Karenanya, selalu perhatikan kebersihan tubuh Si Kecil. Sehabis terkena hujan, segera keringkan tubuhnya dengan handuk bersih. Anda juga bisa memandikannya dengan air hangat. Jangan lupa sediakan tisu atau sapu tangan di kantongnya, agar ia bisa mengelap tangan, kaki, atau wajahnya jika terkena air hujan.

Tidur cukup

Saat musim hujan, ada baiknya Anda lebih memerhatikan pola tidur Si Kecil. Jika kurang tidur atau tidurnya tidak nyenyak, risiko ia terkena flu semakin bertambah. Usahakan agar ia tidur berkualitas selama 8-10 jam setiap harinya. Jangan lupa untuk menyelimutinya, agar tidak kedinginan saat hujan turun di malam hari. (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B)