FAMILY & LIFESTYLE

Tips Rumah Aman untuk Anak



Wow, Si Kecil sudah pandai merangkak. Itu berarti, sudah waktunya membuat rumah Anda aman untuk Si 'Penjelajah' Kecil ini. Menurut buku What to Expect From the First Year, saat Si Kecil mulai pandai merangkak, ada baiknya Anda membiarkan ia aktif mengeksplorasi lingkungan sekitarnya.

Hal ini perlu dilakukan supaya ia bisa mengembangkan kemampuan intelektual, melatih otot-otot , koordinasi mata, tangan serta kakinya. Namun, sebelum Anda membebaskan Si Kecil menjelajah setiap sudut rumah, pastikan kondisi rumah Anda aman baginya. Berikut tips untuk membuat rumah aman bagi Si Kecil.

1. Tutup stop kontak dengan plester atau belilah stop kontak yang dilengkapi dengan tutup.


2. Ikatlah ke atas tali kerai jendela atau tali apa pun yang menjuntai ke bawah untuk menghindari Si Kecil tercekik.

3. Selalu menutup rapat pintu kamar mandi saat sedang tak digunakan. Si Kecil mungkin saja merangkak ke arah kamar mandi jika pintunya terbuka, dan lantai kamar mandi yang licin berbahaya untuknya.

4. Tutup juga pintu dapur atau letakkan peralatan masak yang mungkin bisa membahayakan Si Kecil di tempat tak terjangkau olehnya.

5. Sebaiknya, pasang bantalan pada pinggir-pinggir perabotan yang memiliki ujung atau sudut yang tajam.

6. Ketika ada cairan yang tidak sengaja tumpah di lantai, segeralah membersihkan dan mengeringkannya. Tumpahan air atau makanan akan membuat lantai sangat licin. (K/Aulia/DC/Dok.M&B)