BUMP TO BIRTH

Diastasis, Celah pada Perut Pasca-Persalinan



Saat hamil, Anda mungkin tidak melihat lubang di tengah perut yang bukan pusar. Lubang atau celah ini akan terlihat cukup jelas ketika Anda sudah melahirkan. Ini adalah gangguan kehamilan umum yang dikenal sebagai diastasis. Menurut buku What to Expect When You're Expecting, diastasis adalah celah yang terbentuk pada otot perut Anda ketika perut melebar.


Celah ini dapat tertutup dalam kurun waktu 1-2 bulan setelah melahirkan. Untuk memeriksanya, Anda dapat mencoba dengan mengangkat kepala Anda sedikit dengan kedua tangan terjulur ke depan. Periksalah daerah di atas pusar Anda. Benjolan di daerah itu akan menunjukkan adanya celah pada perut Anda.


Ada latihan yang dapat Anda lakukan untuk membantu pemulihannya lebih cepat. Angkatlah kepala Anda dengan kedua tangan terjulur ke depan, kemudian tarik napas. Lalu, silangkan kedua tangan Anda di atas perut dan gunakan jemari tangan untuk menarik kedua sisi otot perut secara bersamaan saat menghembuskan napas. Tarik pusar Anda ke dalam, dan angkat kepala Anda perlahan-lahan. Ulangi 3-4 kali, sebanyak 2 kali sehari. (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)