BABY

Mengenal Tanda Lahir Si Kecil



Jika Anda perhatikan, banyak bayi terlahir dengan tanda merah pada kulitnya, terutama di kelopak mata, dahi, dan tengkuknya. Buku Baby & Child: All Your Questions Answered (Practical Parenting) mencatat bahwa ada beberapa macam tanda lahir pada Si Kecil.



Pertama, tanda yang menyerupai paruh burung bangau. Hal ini disebabkan oleh pembesaran pembuluh darah kecil dan biasanya hilang dalam beberapa hari.



Kedua, bintik biru Mongolia (Mongolia blue spots). Ini adalah tanda berwarna biru pada tubuh yang ditemukan di punggung bagian belakang. Tanda tersebut terlihat pada bayi yang berkulit gelap, karena pigmentasi yang tidak merata. Hal ini tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya.

Ketiga, tanda berbentuk stroberi. Tanda ini terkadang timbul beberapa hari setelah bayi lahir. Tanda ini bertekstur tebal, berwarna merah dan lunak, serta tumbuh semakin besar dalam beberapa bulan.

Kabar baiknya, tanda lahir yang kurang enak dilihat ini pada akhirnya akan menipis dan menghilang tanpa perlu perawatan medis. Jadi, jangan khawatir ya, Moms! (Lydia Natasha Hadiwinata/DC/Dok. M&B UK)