FAMILY & LIFESTYLE

3 Tahapan Membuat Manajemen Waktu yang Baik



Menjadi ibu bekerja tentu menuntut Anda untuk bisa membagi waktu dengan sangat baik. Chet Holmer, konsultan bisnis internasional, dalam bukunya Sell Anything menuliskan 6 tahapan manajemen waktu yang baik, seperti berikut.

1. Cukup Sekali

Anda mungkin akan terbiasa melihat beberapa tumpukan surat di meja kerja Anda dan beberapa email baru. Secara refleks, Anda pun akan membuka satu persatu surat dan email tersebut untuk mengeceknya. Kebiasaan tersebut sebaiknya jangan dilakukan lagi!

Saat membuka satu pesan dan menutupnya, kemudian membaca pesan lain justru membuat Anda tidak fokus. Pikiran Anda mungkin masih memikirkan pesan sebelumnya. Anda pun harus mengulang membaca pesan sebelumnya untuk dikerjakan. Untuk itu, sebaiknya Anda belajar fokus. Mengulang kegiatan yang sama berarti juga membuang waktu Anda. Cukup sekali membuka pesan dan langsung tindak lanjuti pesan tersebut.

2. Buat Daftar

Cara ini sudah dipakai banyak orang untuk membuat segalanya lebih terorganisir. Jika Anda memiliki banyak kegiatan dan tidak membuat daftar, Anda cenderung menjadi pribadi yang bersikap reaktif. Dengan membuat daftar kerja, Anda akan lebih fokus pada prioritas yang harus dikerjakan dan hal-hal yang dianggap sangat penting. Dengan membuat daftar, produktivitas Anda pun akan menjadi 2 kali lipat lebih besar, sehingga waktu digunakan secara efektif.

3. Rencanakan Hari Anda

Buatlah rencana hari Anda secara spesifik dan selipkan waktu luang di atas semua tugas yang akan Anda kerjakan. Rencana tersebut harus pula dituliskan bersama dengan waktu pengerjaannya. Anda juga perlu mengalokasikan periode waktu tertentu setiap hari untuk setiap kegiatan yang dilakukan. (Deonisia/DC/Dok. Freedigitalphotos/Stockimages)