BABY

Zat Besi Pengaruhi Ketahanan Fisik Bayi



Zat besi merupakan salah satu mineral penting untuk tumbuh-kembang bayi. Namun berdasarkan penelitian, hanya 8 dari 10 anak yang tercukupi kebutuhan zat besinya. Salah satu penyebabnya adalah minimnya pengetahuan orangtua akan pentingnya zat besi bagi anak.

Zat besi diperlukan tubuh untuk membentuk hemoglobin, pigmen dalam darah yang bertugas mengangkut oksigen. Apabila Si Kecil tidak mendapatkan zat besi yang cukup, jumlah sel darah merahnya akan berkurang dan jaringan-jaringan tubuh akan menerima lebih sedikit oksigen dari yang dibutuhkan. Akibatnya, ia akan mengalami anemia.

Selain itu, kekurangan zat besi sangat memengaruhi fungsi kognitif, tingkah laku, dan pertumbuhan bayi. Zat besi juga merupakan sumber energi bagi otot, sehingga memengaruhi ketahanan fisik Si Kecil.

Jadi, perhatikanlah asupan makanan Si Kecil dan pastikan ia selalu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin C. Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi, karena tidak semua kandungan zat besi dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. (OCH/Sagar/DC/Dok. M&B)

Untuk mengetahui berapa kebutuhan zat besi bayi serta makanan apa saja yang kaya akan zat besi, lihat di majalah Mother&Baby Indonesia edisi Maret 2016 ya, Moms!