FAMILY & LIFESTYLE

Anda Harus Waspada Jika Tak Kunjung Hamil di Tahun Pertama Pernikahan!



Jika Anda pasangan baru menikah dan tidak kunjung dikaruniai anak di tahun pertama, padahal rutin melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kontrasepsi, waspadalah! Menurut dr. Yassin Yanuar Mohammad, Sp.OG, Anda dan pasangan bisa jadi mengalami gangguan kesuburan atau infertilitas.

“Segeralah periksa ke dokter kandungan, sebab wanita yang baru menikah umumnya memiliki kesempatan hamil 85 persen di tahun pertama pertama pernikahan. Sementara, 10-15 persennya mengalami gangguan kesuburan,” ungkap dr. Yassin.

Ia pun menjelaskan penyebab infertilitas dapat berasal dari pihak pria maupun wanita. Di antaranya karena faktor sperma, sumbatan pada kedua saluran telur dalam rahim, endometriosis atau kista cokelat, gangguan pematangan sel telur, serta faktor yang tidak dapat dijelaskan atau unexplained.

“Apalagi, jika usia sang istri di atas 35 tahun dan memiliki riwayat haid tidak teratur. Ia berarti perlu sekali melakukan pemeriksaan lebih awal, sehingga penyebab dari infertilitas akan diketahui dan dapat langsung dilakukan penanganan yang tepat,” tutup dr. Yassin. (Sagar/DC/Dok. M&B)