FAMILY & LIFESTYLE

Mengatasi Penat saat Mengasuh Si Kecil



Pernahkah Anda merasa penat dan ingin 'melarikan diri' sejenak dari aktivitas mengasuh Si Kecil? Menurut Richard Templar, penulis The Rules of Parenting, rasa ingin menjauhkan diri dari anak, karena terlalu penat mengurusnya adalah hal yang sangat wajar.

"Anda harus tersenyum ikhlas saat harus membacakan dongeng yang sama berulang-ulang setiap malam, harus memberikan pandangan cinta saat mereka memekik bising sambil berlarian, dan harus ikut tertawa saat mereka berceloteh tidak jelas. Sebagai manusia normal, tidak salah jika Anda memiliki titik jenuh," ujar Richard.

Hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah menerima perasaan tersebut dengan lapang dada. Jangan menghindari atau berbohong kalau Anda sedang jenuh. Ceritakan ini kepada pasangan dan minta waktu beristirahat sejenak.

Katakan kepada pasangan kalau Anda membutuhkan refreshing dan jujurlah bahwa Anda sedang jenuh, serta penat. Minta ia untuk menjaga Si Kecil di rumah, sementara Anda melakukan me time seperti belanja, berkebun, atau menonton bioskop dengan teman-teman.

Anda juga bisa berbagi ceritadengan teman yang juga memiliki anak seusia Si Kecil. Berbagilah kepadanya dan dengarkan, apakah ia juga pernah berada dalam fase jenuh seperti Anda. Tanyakan kepada teman Anda, apa yang ia lakukan untuk menghapus kepenatannya. Dengan berbagi, Anda akan mendapat ide segar dan cemerlang. Teman Anda juga dapat membantu menyemangati dan mendorong Anda untuk mengatasi kepenatan. (Lydia Natasha/DC/Dok. Mother&B UK)