FAMILY & LIFESTYLE

Lakukan Ini agar Anak Sukses di Masa Depan!



Apa kabar Indonesia 15 tahun mendatang? McKinsey Global Institute memprediksi Indonesia akan maju pesat pada 2030, bahkan berpeluang menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-7 di dunia, melewati Jerman dan Inggris. Lembaga tersebut juga menghitung, kesempatan berkarir di berbagai bidang akan lebih terbuka. Coba bayangkan Moms, balita Anda yang baru berusia 4 atau 5 tahun sekarang, adalah salah satu profesional muda yang bisa bersaing ketika Indonesia memasuki masa-masa emasnya.

Jika Anda mendambakan Si Kecil menjadi salah satu orang sukses di masa depan, persiapkanlah ia sejak dini. Psikolog Ratih Ibrahim mengungkapkan, langkah awal suksesnya ada di tangan Anda. Dengan memilih alur pendidikan yang tepat untuk Si Kecil, Anda sudah membuka jalan baginya untuk meraih kesuksesan. Kapan sebaiknya Anda merencanakan pendidikan untuknya? Menurut Ratih yang juga CEO Personal Growth, merencanakan pendidikan anak harus sedini mungkin.

"Supaya Anda tidak salah pilih, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal. Selain karakter anak dan kesiapan finansial, yang tidak kalah penting adalah pilih sekolah yang mampu membentuk, serta menumbuhkan kompetensi anak. Kompetensi tersebut meliputi kemampuan sosial agar ia lebih supel bergaul, menguasai berbagai bahasa, memiliki kemampuan kognitif dengan berpikir kritis, analitis dan logis sesuai dengan konteks sosial. Selain itu, ia juga harus mampu memecahkan masalah (problem solving) dan memiliki tata krama, sopan santun, empati, dan mandiri. Anak yang memilki sikap (attitude) yang baik dapat survive di mana pun," ujar Ratih dalam acara pengenalan Sampoerna School System (SSS) beberapa waktu lalu.(Meiskhe/DC/Dok. FreeDigitalPhotos/Photostock)