BABY

5 Manfaat Belajar Membaca sejak Bayi



Menurut Dr. Robert Titzer, PhD dari Indiana University dan pencipta program Your Baby Can Learn!, Your Child Can Read!, dan Your Baby/Child Can Discover!,Anda sudah bisa mengajarkan Si Kecil membaca sejak usia 3 bulan. Apa saja saja manfaat belajar membaca sejak bayi?

1. Membangun percaya diri

Anak yang sudah diajarkan membaca sejak bayi, memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi. Membaca merupakan salah satu cara anak untuk menggali potensinya. Mengingat potensinya sudah diasah sejak dini, ia pun tumbuh menjadi anak yang penuh percaya diri.

2. Fokus pada hal-hal detail

Saat diajari membaca, Si Kecil harus memerhatikan huruf-huruf yang ada di depannya dan merangkainya menjadi kata-kata. Dengan latihan tersebut, otomatis ia akan terbiasa untuk memerhatikan hal-hal kecil dan detail yang ada di sekelilingnya.

3. Tidak mudah bosan

Jika sejak bayi, Anda sudah mengajarkan Si Kecil membaca, ia akan memiliki tingkat perhatian yang lebih panjang. Membaca membutuhkan kesabaran dan ketekunan, sehingga anak yang sudah terlatih membaca sejak dini, tidak mudah bosan dengan kegiatan ini.

4. Mengenal lebih banyak kosakata

Dengan membaca, Si Kecil akan mengenal banyak kosakata baru. Jika ia sudah diajarkan membaca sejak bayi, kosakatanya tentu akan lebih banyak. Tak hanya itu, kemampuan tata bahasa dan struktur kalimatnya pun lebih baik.

5. Memiliki pengetahuan luas

Buku cerita yang dibaca Si Kecil biasanya memiliki beragam cerita. Lewat buku, ia akan mengenal binatang, tumbuhan, hingga fenomena alam di sekitar yang dideskripsikan dengan detail. Hal ini membuat Si Kecil memiliki pengetahuan yang lebih luas, meski belum pernah melihat atau merasakan apa yang dibaca olehnya. Tunggu apalagi, yuk ajarkan Si Kecil membaca sedini mungkin! (Lydia Natasha/DC/Dok.M&B UK)