FAMILY & LIFESTYLE

4 Tips Mengelola Diabetes untuk Ayah



Diabetes merupakan kondisi di mana kadar gula (glukosa) dalam darah tinggi. Perlu diketahui bahwa tubuh memproduksi insulin, suatu hormon yang dikeluarkan pankreas, untuk memecah gula yang dikonsumsi dalam makanan. Nah, jika tubuh mengalami penurunan produksi insulin, terjadilah diabetes.


Diabetes dapat menyerang siapa saja, termasuk Dads. Jika tidak diobati atau dikontrol, diabetes dapat menyebabkan masalah serius, seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, hingga kebutaan. Karenanya, Dads yang terkena diabetes harus tahu cara mengelola penyakit ini. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memberikan tipsnya kepada Anda.

1. Pemeriksaan rutin

Diabetes ada 2 macam, yaitu diabetes tipe 1 yang diderita sejak kecil dan diabetes tipe 2, yang terjadi ketika Anda dewasa. Gejala diabetes tipe 2 cukup ringan, sehingga mungkin terabaikan selama bertahun-tahun dan tidak diobati. Karena itu, Dads harus melakukan pemeriksaan rutin agar tidak mengalami komplikasi.

2. Aktivitas fisik

Lakukan aktivitas fisik sebanyak 3-4 kali dalam seminggu selama 30 menit untuk hasil yang optimal. Jalan kaki, berenang, atau olahraga ringan dapat membantu tubuh mengontrol kadar glukosa darah, berat badan dan tekanan darah, mengurangi tingkat kolesterol, serta mencegah komplikasi diabetes.

3. Berhati-hati dengan kaki

Agar tidak terjadi komplikasi, Dads harus memeriksa secara teratur kondisi kaki seperti perdarahan, kapalan, lecet, kuku tumbuh ke dalam, kaki pecah-pecah, dan lainnya. Segera lakukan perawatan jika mengalami kondisi tersebut pada kaki Anda!

4. Menjaga pola makan

Sebenarnya, tidak ada diet khusus bagi penderita diabetes. Anda hanya harus memiliki pola makan sehat untuk mengontrol tingkat gula darah. Pastikan asupan Anda terdiri dari karbohidrat rendah lemak, serta sayuran berdaun hijau dan buah-buahan. Gizi yang seimbang sangat membantu agar diabetes tidak berkembang menjadi penyakit yang lebih serius. (Lydia Natasha/DC/Dok. Freedigitalphotos )