FAMILY & LIFESTYLE

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

puasa


Jika diterapkan dengan benar, puasa dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut 8 manfaat yang bisa Anda dapatkan dari puasa.

1. Puasa Meningkatkan Proses Detoksifikasi
Makanan olahan yang kita konsumsi banyak mengandung toxic. Zat ini dapat menjadi racun dalam tubuh, yang sebagian besar tersimpan di lemak. Selama puasa, lemak akan dibakar dan racun dilepaskan. Hati, ginjal, dan organ lain dalam tubuh akan terlibat dalam detoksifikasi.

2. Meringankan Beban Sistem Pencernaan
Selama berpuasa, organ pencernaan akan beristirahat dan membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Pengolahan makanan dalam sistem pencernaan pun menjadi lebih stabil. Pelepasan energi juga akan mengikuti pola yang bertahap. Namun, puasa tidak akan menghentikan produksi asam di lambung. Itu sebabnya, berhati-hatilah saat berpuasa jika Anda memiliki masalah lambung. Untuk penderita maag akut, beberapa ahli menyarankan agar mereka tidak berpuasa, terutama bila kerusakan organ sudah terjadi.

3. Mengatasi Peradangan
Penelitian menunjukkan puasa dapat mengurangi peradangan dan alergi. Menurut beberapa ahli, puasa bahkan dapat meningkatkan penyembuhan penyakit radang usus, seperti kolitis ulserativa.

4. Mengurangi Gula Darah dan Lemak
Puasa meningkatkan pemecahan glukosa agar tubuh bisa mendapatkan energi. Hal ini juga berguna untuk mengurangi produksi insulin dan gula dalam darah. Ketika produksi glukosa habis, lemak yang disimpan dalam ginjal dan otot pun dipecah untuk melepaskan energi.

5. Mengatasi Tekanan darah tinggi
Puasa merupakan salah satu metode non-obat yang dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mengurangi risiko aterosklerosis atau penyumbatan arteri oleh partikel lemak. Selama puasa, glukosa dan cadangan lemak digunakan untuk menghasilkan energi, sementara produksi hormon, seperti adrenalin dan non-adrenalin, juga berkurang. Hal ini membuat metabolisme tubuh lebih stabil, sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Meningkatkan Diet Sehat
Menurut penelitian, puasa dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan olahan. Anda akan terdorong untuk memilih makanan alami, terutama air putih dan buah-buahan saat berbuka. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk menjalankan gaya hidup sehat.

7. Meningkatkan Imunitas
Jika dijalankan dengan benar, puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal itu terjadi karena selama puasa, lemak tubuh berkurang dan racun dalam tubuh pun banyak terbuang.

8. Puasa Membantu Mengatasi Kecanduan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat membantu mengurangi kecanduan atau keinginan terhadap sesuatu, termasuk kafein dan alkohol.

Meskipun memiliki banyak manfaat, puasa juga dapat memberikan dampak negatif pada tubuh, seperti penurunan cairan tubuh atau dehidrasi. Oleh karena itu, saat sahur dan berbuka, berusahalah untuk lebih banyak minum air putih dan mengonsumsi buah. Wanita hamil, ibu menyusui, orang-orang kurang gizi, dan penderita dengan masalah ginjal atau hati tidak disarankan berpuasa, karena dapat menurunkan kondisi kesehatan mereka. (Aulia/DC/freedigitalphotos)