BABY

4 Tips Menyusui Saat Hamil



Hamil lagi saat masih menyusui bukan alasan bagi Anda untuk berhenti memberikan ASI. Berikut cara agar kehamilan dan kebutuhan ASI untuk SI Kecil lancar:

1. Penuhi Asupan Gizi
Anda membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak dari biasanya karena harus menyusui, menyalurkan nutrisi untuk janin, sekaligus memenuhi kebutuhan sendiri. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan asupan gizi Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, mineral, serat, dan vitamin.

2. Posisi Menyusui
Saat hamil, puting akan menjadi lebih sensitif sehingga mudah lecet dan nyeri. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby oil atau nipple cream agar kelembapan terjaga. Anda juga perlu memilih posisi menyusui untuk melindungi janin, seperti menyusui sambil berbaring.

3. Jaga Kesehatan
Sebaiknya konsultasikan kondisi Anda ke dokter kandungan. Jika kehamilan dinyatakan normal, proses menyusui bisa diteruskan. Anda tak perlu khawatir selama pola makan, asupan cairan, dan gizi seimbang yang Anda konsumsi tetap terjaga.

4. Waspadai Hormon
Bagi Anda yang memiliki riwayat keguguran atau mengalami kontraksi dini maupun masalah lainnya, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menyusui. Hormon oksitosin yang terlepas saat menyusui dikhawatirkan dapat merangsang kontraksi di payudara dan rahim. (Seva/TW/Dok.M&B UK)