FAMILY & LIFESTYLE

4 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Baru



Bagi Anda yang baru menikah, terkadang terdapat sedikit masalah dengan kondisi keuangan. Hal ini wajar, karena Anda masih dalam tahap penyesuaian pendapatan bulanan. Anda mungkin masih bingung, mana yang harus ditabung dan mana yang harus digunakan setiap bulan. Untuk itu, ikuti beberapa tips mengelola keuangan bagi pasangan baru berikut ini:

1. Simpanan dan Anggarkan
Sebagai pasangan baru, sebaiknya Anda mengevaluasi penghasilan serta pengeluaran bulanan. Setelah itu, Anda mulai memilah mana yang harus disimpan dan dikeluarkan setiap bulannya. Bila Anda belum memiliki anak, sebaiknya Anda mulai menyisihkan juga dana untuk melahirkan dan belanja keperluan bayi. Anda juga dapat mulai memotong anggaran yang dapat diminimalisir sehingga dapat meningkatkan anggaran tabungan Anda.

2. Asuransi Kesehatan
Pastikan Anda sudah mulai menyiapkan asuransi kesehatan untuk Anda dan keluarga, termasuk untuk anak-anak. Asuransi tersebut berguna untuk mendanai biaya kesehatan, termasuk saat Si Kecil sakit mendadak dan membutuhkan perawatan khusus. Anda sebaiknya mengetahui detail asuransi tersebut, seperti berapa premi yang harus dibayarkan, asuransinya sudah mencakup apa saja, serta rumah sakit mana saja yang bekerjasama dengan asuransi tersebut.

3. Tabungan Sekolah
Sebaiknya setiap penghasilan yang didapatkan, Anda selalu menyisihkan untuk tabungan sekolah Si Kecil kelak. Memang akan terasa sangat lama, namun biaya sekolah yang semakin tinggi mengharuskan Anda untuk menabung lebih dini. Siapkan tabungan terpisah ya, agar tidak terpakai untuk hal yang kurang penting.


4. Tabungan Masa Depan
Sebaiknya tabungan masa depan atau biasa dikenal dengan dana pensiun ini dipersiapkan sedini mungkin. Dana ini bisa Anda dapatkan dengan menyisihkan penghasilan setiap bulan. Sebaiknya jangan dipakai, terlebih untuk keperluan yang tidak terlalu penting. Tabungan masa depan ini berguna untuk mengisi hari Anda saat Anda atau pasangan Anda sudah tidak lagi bekerja. Selamat menabung ya, Moms! (Seva/TW/Dok. Freedigitalphotos)