BUMP TO BIRTH

Mitos dan Fakta Seputar Newborn



Tidak sedikit orangtua baru yang masih mengikuti cara-cara lama dalam merawat bayi. Tips itu mungkin didapat dari generasi sebelumnya, entah dari orang tua atau bahkan kakek dan nenek. Walau sudah turun temurun, namun belum tentu cara atau kebiasaan itu tepat untuk Si Kecil. Dokter Couli Nababan, Sp.A, mematahkan beberapa mitos yang dipercaya baik untuk bayi baru lahir (namun ternyata tidak):

1. Bedong Membuat Kaki SI Kecil Lurus
Tidak benar. Pada dasarnya, antara kaki bengkok dengan bedong tidak ada hubungannya sama sekali. Semua kaki bayi bengkok karena posisi tubuhnya menekuk seperti duduk berjongkok. Kaki Si Kecil akan lurus seiring dengan semakin kuat tulang dan meningkatnya kemampuan motorik untuk berjalan.

Bedong malah bisa membuat peredaran darah bayi terganggu karena kerja jantung untuk memompa darah menjadi sangat berat. Akibatnya, bayi bisa sering jatuh sakit lho, Moms.

2. Gurita dapat Mencegah Perut Buncit, Pusar Bodong dan Kembung
Hal tersebut tidaklah benar. Ketika dilahirkan, semua bayi memiliki perut yang ukurannya lebih besar daripada dadanya. Seiring pertambahan usia, perut bayi akan mengecil dengan sendirinya. Pemakaian gurita sebaiknya dihindari karena membuat Si Kecil susah bernapas.

Ingin mengetahui mitos dan fakta selanjutnya? Baca kelanjutannya di Majalah Mother&Baby Indonesia edisi September 2016 ya, Moms! (Seva/TW/Dok.M&B UK)