TODDLER

Aktivitas Edukatif untuk Anak 1 Tahun



Memasuki usia 1 tahun, Si Kecil sudah mulai bisa berjalan dan mulai mengenal bahasa sedikit demi sedikit. Pada usia ini, Anda dapat memberikannya stimulasi dan mengajarinya berbagai hal, agar perkembangannya lebih optimal. Untuk memberinya stimulasi, Anda tidak selalu membutuhkan mainan-mainan edukatif. Cukup dengan melakukan beberapa aktivitas simple sebagai berikut.

  • Main Drum

Yang Anda butuhkan untuk aktivitas ini adalah sendok, panci, simbal, dan rattle. Anda hanya perlu menghasilkan musik dari alat-alat ini, kemudian meminta Si Kecil mengikutinya atau bermain bersama-sama. Dengan aktivitas ini, Si Kecil akan melatih koordinasi, kemampuan mendengar, dan bakat musiknya.

  • Rumah-rumahan

Anda hanya butuh kardus yang ditata seperti rumah. Jangan lupa sertakan pintu masuk dan pintu keluar. Kemudian Anda dapat berkreasi mengenai skenarionya. Misalnya dengan meminta Si Kecil memencet bel dan mengucapkan salam sebelum bertamu ke rumah orang lain. Dalam permainan ini, Si Kecil belajar bersosialisasi yang baik dan kemampuan motoriknya.

  • Telepon

Anda cukup menggunakan telepon mainan atau telepon lama yang sudah tidak berfungsi. Kemudian Anda dapat berpura-pura menelepon Si Kecil atau orang lain. Agar lebih seru, Anda dapat menirukan suara karakter kartun kesukaan Si Kecil. Si Kecil mempelajari bahasa dan belajar bersosialisasi lewat permainan ini. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)