FAMILY & LIFESTYLE

Yuk Deteksi Dini Kanker Payudara Bersama Garda Medika



Moms, Anda pasti sudah tahu bahwa kanker payudara merupakan salah satu kanker penyebab kematian tertinggi di antara jenis kanker lainnya yang menyerang wanita. Namun, bila dideteksi sejak dini, peluang kesembuhan kanker payudara dapat meningkat sebesar 90 hingga 100 persen.

Untuk meningkatkan kesadaran para wanita akan penyakit tersebut, Garda MedikaOctobreastgoes to hospitalpun kembali diselenggarakan untuk kedua kalinya. Bertempat di RS Mitra Keluarga Depok,roadshowini turut menghadirkan parasurvivorkanker payudara dari Lovepink serta dokter ahli sebagai narasumber.RoadshowGarda Medika Octobreast sendiri akan dilaksanakan kembali di Premier Bintaro (15 Oktober), Mitra Keluarga Kelapa Gading (22 Oktober), Bina Husada Cibinong (29 Oktober), dan Mayapada Tangerang (12 November).

Pada kesempatan ini pula, Garda Medika mengajak Anda untuk melakukan deteksi dini melalui tiga cara, diantaranya dengan melakukan SADARI, USG Payudara, Mammografi. Salah satu hal yang bisa Moms lakukan sendiri adalah SADARI. Dengan melakukan SADARI, Anda bisa melakukan deteksi dini apabila terdapat perubahan pada payudara. Simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Berdiri tegak. Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting. Jangan khawatir bila bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris.

  2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. dorong siku ke depan dan cermati payudara; dan dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara.

  3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan otot dada.

  4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan.

  5. Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Berkonsultasilah ke dokter apabila hal itu terjadi.

Kanker payudara dapat menyerang siapa saja tanpa disadari. Meski begitu, Moms tidak perlu cemas, selain melakukan SADARI, Anda pun disarankan menjaga pola hidup yang sehat dan teratur.Untuk membantu Anda menjalani hidup sehat,gunakan berbagai fitur menarikpada aplikasiGarda Mobile Medcare.

Lewat aplikasi berbasis Android dan iOS ini, Anda dapat dengan mudah mengaksespanduan gaya hidup sehat melalui fitur-fitur menarik, seperti tips kesehatan, pola makan sehat, set pengingat waktu minum obat, cek kesehatan, hingga jadwal kunjungan dokter apabila Anda sakit. Bahkan, Anda dapat dengan mudah mencatat dan memonitor aktivitas sehari-hari langsung dari genggaman. (Salsabila Praya / TW / Image: Dok. Mother and Baby Indonesia)