BABY

Kapan Bayi Mulai Belajar Bicara?



Anda mungkin sudah menunggu kata pertama keluar dari mulut Si Kecil. Setiap anak tentu memiliki waktu yang berbeda untuk mulai berbicara. Pada dasarnya, bayi mulai mengekspresikan sesuatu dalam kata pada umur 9–14 bulan. Beberapa bayi bahkan baru memulainya di usia yang lebih tua lagi.

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Washington University mengungkapkan bahwa bayi sudah mulai belajar pada usia yang lebih muda. Setelah meneliti otak bayi di usia 7, 11, dan 12 bulan, para peneliti melihat bahwa bagian otak yang digunakan untuk berbicara sudah aktif, walaupun mereka belum mulai berbicara.

“Ini hal penting, karena bayi pada usia ini belum berbicara, tetapi otak mereka sudah aktif sebagai persiapan,” jelas Dr. Sarah Roseberry, seperti dikutip dari majalah Mother&Baby UK.

Mungkin ketika Anda mulai 'mengobrol' dengan Si Kecil pada usia 7 bulan, ia tampak belum bisa memberikan respons. Padahal, ia sudah sibuk berpikir dan berlatih bagaimana merespons Anda nantinya. Dengan kata lain, tidak ada salahnya Anda sudah mulai menstimulasinya untuk bicara sejak dini, Moms! (Nadia/TW/Dok. M&B UK)