TODDLER

Selangkah Lebih Maju dalam Mengasuh Anak



Oleh Ajeng Raviando, Psi (Psikolog Anak)

Di balik suksesnya anak di masa depan, sangat ditentukan oleh peran orangtua yang selalu selangkah lebih maju dalam mendukung tumbuh kembangnya. Ada 4 hal yang perlu diperhatikan orangtua agar dapat menjadi orangtua yang selangkah lebih maju, yaitu secara aktif menggali dan mengembangkan potensi anak, memberi nutrisi tepat, memastikan pendidikan terbaik dan merencanakan masa depannya, khususnya secara finansial. Dalam mengembangkan potensinya, diperlukan pola pengasuhan positive parenting.


Apa itu Positive Parenting?
Ini adalah pola pengasuhan yang menghargai sudut pandang anak serta menekankan pada sikap positif yang dapat membantu orangtua dalam menerapkan disiplin dan menciptakan interaksi menyenangkan antara orangtua dan anak. Lalu bagaimana cara menerapkannya? Moms bisa mencoba dengan memberikan pujian pada saat anak bertindak benar akan memotivasi serta membangun kepercayaan diri, atau dengan menegur anak dengan lembut ketika berbuat kesalahan yang diterapkan dengan memberikan pengertian mengenai dampak dari tindakan yang dilakukan.


Cara Melakukan Positive Parenting

1. Menjadi Role Model yang Baik bagi Si Kecil
Beri Si Kecil contoh yang nyata dengan melakukan tindakan teladan itu sendiri.


2. Mengenali Perkembangan Anak
Kenali perkembangan fisik, psikis, emosi, dan sosialnya untuk memahami tumbuh kembangnya.


3. Meluangkan Waktu Berkualitas dengan Si Kecil
Secara rutin sediakan waktu khusus untuk bermain atau beraktivitas dengan Si Kecil.


4. Memberi Penghargaan
Beri ia apresiasi yang tepat untuk hal-hal positif, karena anak membutuhkan apresiasi dari orangtuanya.


5. Mengajarkan Pentingnya Konsekuensi
Penting bagi Si Kecil untuk memahami konsekuensi dari tindakannya, asalkan masih dalam batas aman. Pastikan juga konsekuensi ini bisa dimengerti olehnya untuk pembelajaran.


6. Menanamkan Nilai-nilai Kehidupan
Ajarkan sopan santun, tolong-menolong, berbagi, saling mengasihi, dan toleransi.


7. Menciptakan Komunikasi yang Efektif
Ajarkan ia untuk menghargai pendapat, bekerja sama dan mencari solusi bersama jika menemui kesulitan. Berkomunikasilah dengan baik, sampaikan pesan dengan jelas, tapi juga dengarkan dengan hati jika Si Kecil memiliki pendapat.


8. Bersikap Tegas, Disiplin dan Konsisten
Pastikan aturan jelas dan telah disepakati bersama. Jika salah satu orangtua tidak setuju, jangan bertengkar di depan anak. Jika ada konsekuensi, sampaikan dan sepakati sejak awal, guna mendorong anak agar menjadi mandiri.


1601/MKT/032
Nutrilon Royal Copyrights