BUMP TO BIRTH

Riset Terbaru: Blueberry Dapat Cegah Baby Blues



Buah berwarna biru yang satu ini memang sudah diakui khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Bahkan penelitian terbaru mengemukakan, blueberry dapat mengurangi penyebab baby blues yang sering dialami ibu yang baru melahirkan.

Studi terbaru mengungkapkan, blueberry mengandung asam amino seperti triptofan dan tirosin yang dapat membantu mengimbangi 'lonjakan' protein pada ibu pasca melahirkan. Asupan ini pun diyakini dapat membantu menjaga keseimbangan hormon terkait mood yang menjadi lebih baik.

Menurut salah satu peneliti, Dr Jeffrey Meyer dari CAMH yakin bahwa konsumsi blueberry bisa menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah mood pada ibu baru. Selain bisa memengaruhi bonding antara ibu dan anak, masalah mood dan baby blues juga bisa memengaruhi kuantitas ASI dan kesehatan anak.

"Stres dan depresi biasanya terjadi beberapa hari pasca melahirkan. Ketika kondisi ini tidak teratasi dengan baik, ibu berisiko mengalami baby blues. Sebagian besar wanita menganggap ini cuma masalah stres biasa, padahal tidak demikian. Senyawa dalam blueberry diyakini bisa membantu meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga fungsi otak terkait hormon dan mood pun bisa berfungsi lebih baik," ujar Dr Jeffrey Meyer, yang dikutip melalui dailymail.co.uk. (Seva/HH/Freepik)