FAMILY & LIFESTYLE

5 Nutrisi Penting untuk Kesehatan Tulang dan Gigi Anak



Moms, salah satu yang penting pada masa tumbuh-kembang anak adalah memonitor pertumbuhan tulang dan giginya. Dengan tulang dan gigi yang kuat, maka akan mendukung fisiknya tumbuh kuat pula. dr. Ferry Aryo Pangarso dari RS Evasari menyatakan bahwa ada beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan tulang dan gigi anak. “Faktor itu di antaranya genetik, status gizi, sosial ekonomi, hormonal, jenis kelamin dan nutrisi,” ujarnya dalam talkshow "Makanan Terbaik untuk Tulang dan Gigi Anak" di Mother&Baby Fair 2017, Kartika Expo Balai Kartini, Jakarta, Jumat (28/04).

Umumnya, anak dengan status gizi yang baik, pertumbuhan gigi permanennya akan berjalan normal. Sedangkan, anak-anak dengan obesitas, pertumbuhan giginya cenderung lebih cepat karena ia mengalami overnutrisi. Sementara, mereka yang kekurangan gizi kronik pada anak-anak usia dini dapat menyebabkan tertundanya erupsi gigi dan beragam masalah lain.

Nah, untuk memastikan tulang dan gigi anak berkembang dengan baik maka pastikan memberikan nutrisi yang tepat. Nah, setidaknya ada 5 nutrisi penting menurut dr. Ferry yang harus diberikan kepada anak sejak dini. Apa saja? Ini daftarnya Moms:

1. Karbohidrat
Karbohidrat yang baik adalah yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran. Manfaatnya adalah membersihkan gigi dari plak dan karies. Di sisi lain, ada pula karbohidrat yang malah merusak gigi dan membentuk karies, seperti tepung-tepungan dan gula atau makanan manis.


2. Kalsium
Kalsium merupakan bahan utama pembentukan dentin dan email gigi. Sumber kalsium bisa didapat dari ikan, susu, kacang-kacangan, sayuran, dan keju.


3. Magnesium
Magnesium bermanfaat untuk mencegah kerusakan gigi dengan menahan kalsium di email gigi. Makanan yang tinggi kalsium di antaranya bayam, whole wheat bread, nasi merah, dan kacang tanah.


4. Vitamin D
Vitamin D bermanfaat untuk menyerap kalsium untuk membangun tulang dan gigi yang kuat. Nah, jika anak kekurangan vitamin D maka selain tulang dan giginya lebih mudah bermasalah, ia juga rentan terkena rakhitis dan tidak memiliki tinggi badan maksimal.


5. Fosfor
Selain kalsium, anak juga membutuhkan fosfor untuk mendukung pertumbuhan tulang dan giginya. Fosfor akan membuat asam basa di dalam tubuh seimbang sehingga proses pembentukan tulang dan gigi memiliki kadar kekuatan yang normal. (Meiskhe/HH/dok.M&B)