BUMP TO BIRTH

5 Tips Memilih Pompa ASI yang Tepat



Moms, memilih pompa ASI memang tidak mudah. Secara umum, ada 2 jenis pompa ASI yaitu manual dan elektrik. Terkadang, ada beberapa ibu yang merasa tidak cocok menggunakan pompa ASI elektrik karena dapat membuat putting menjadi kemerahan dan sakit. Namun, ada juga yang merasa cocok dengan pompa ASI elektrik karena praktis dibandingkan menggunakan pompa ASI manual. Jadi Moms sebaiknya coba gunakan keduanya terlebih dahulu dan tentukan kenyamanannya.

1. Pompa ASI Manual atau Elektrik
Tentukan terlebih dahulu pompa ASI mana yang ingin Anda gunakan, manual atau elektrik. Manual memang tidak menimbulkan suara, namun dapat membuat Anda merasa lelah karena menggunakan tangan untuk memompa ASI. Pompa ASI manual juga sangat ringan, sehingga mudah dibawa. Lain halnya dengan pompa elektrik, biasanya mengeluarkan suara ketika dinyalakan. Namun, pompa ASI elektrik mudah penggunaannya, Anda hanya perlu memasang dan memencet sesuai dengan level yang tertera pada alat tersebut. Pompa elektrik memang lebih banyak komponen barangnya, sehingga Anda memerlukan tas khusus untuk membawanya.

2. Corong Pompa ASI
Perhatikan corong pompa ASI sebelum membeli. Pompa ASI memiliki banyak corong dan terkadang ukuran payudara Anda membesar sehingga memerlukan corong yang lebih besar saat memompa.

3. Sesuaikan Budget
Beberapa merk tertentu memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan breast pump lainnya. Anda harus selektif dalam hal ini. Beberapa toko ataupun online shop memang menjual breast pump, namun harganya berbeda-beda. Carilah breast pump dengan harga terjangkau, nyaman digunakan, serta tahan lama.

4. Beli Pompa ASI Baru
Anda tidak dapat memprediksi pompa bekas pakai dari teman masih bagus atau sudah rusak. Sebaiknya belilah pompa ASI yang baru agar terjamin kebersihannya.

5. Review Beberapa Teman
Bila masih ragu ingin membeli breast pump, tanyakan kepada teman terdekat, pompa ASI mana yang lebih mudah dan nyaman digunakan. Walaupun tiap orang memiliki opini berbeda, namun opini mereka dapat dijadikan acuan untuk membeli breast pump. (Seva/HH/Dok. freedigitalphoto)

BACA JUGA:

Tips Berhasil ASI Eksklusif dengan Exclusive Pumping

Inovasi Terbaru Perlengkapan Memompa ASI

Pompa ASI Praktis dan Ekonomis untuk Ibu Bekerja