FAMILY & LIFESTYLE

Mengenal Produk Perlebahan

lebah


Gaya hidup sehat memiliki peranan penting dalam menjaga kualitas hidup kita, salah satunya dengan rajin mengonsumsi madu. Produk perlebahan tersebut dipercaya ampuh untuk menjaga kekebalan dan stamina tubuh. Namun, tahukah Anda kalau sesungguhnya produk perlebahan terdiri dari beberapa jenis, seperti berikut ini:

1. Madu
Madu merupakan zat alami yang dihasilkan oleh lebah dari sari bunga. Madu mengandung glukosa fruktosa, maltosa, sukrosa, karbohidrat, dan enzim invertase, serta diatase. Warna madu bervariasi, tergantung dari nektar bunga. Penelitian modern menunjukkan, madu memiliki zat anti-inflamasi dan merangsang respon imun dalam luka, yang digunakan sebagai perawatan luka bakar. Madu juga berfungsi sebagai anti-bakteri, antioksidan, anti-tumor, dan anti-virus. Madu dapat diserap dengan sangat cepat ke dalam jaringan tubuh dan ampuh untuk penyembuhan penyakit tenggorokan, saluran pencernaan, kulit, dan jaringan tubuh lainnya.

2. Propolis
Selain madu, propolis atau biasa disebut lem atau sarang lebah, juga memiliki zat yang diperlukan untuk membangun kekebalan tubuh. Propolis diperkaya bioflavonoid dan Caffeic Acid Phenethyl Esther, yang merupakan zat antioksidan untuk suplemen sel. Selain itu, propolis juga terdiri dari semua vitamin, kecuali vitamin K dan mengandung 16 asam amino yang amat penting untuk regenerasi sel.

3. Bee Pollen
Bee Pollen merupakan serbuk sari yang dikumpulkan dari tanaman oleh lebah madu dan dibawa kembali ke sarang mereka, biasanya berwarna kecoklatan atau emas. Bee pollen mengandung nutrisi paling lengkap dan alami, seperti vitamin A, D, E, K, C, dan bioflavonoid, serta B kompleks yang lengkap. Produk perlebahan ini dapat membantu meningkatkan sel darah merah, meningkatkan kesuburan, mengurangi ketidaknyamanan di usia tua, dan menangani gejala menopause pembesaran prostat, mengatasi lesu, dan stres. Di samping itu, Bee Pollen juga biasa digunakan atlet untuk mengoptimalkan energi mereka.

4. Royal Jelly
Royal jelly adalah campuran kompleks dari protein, gula, lemak, dan jumlah variabel vitamin, serta mineral feromon. Royal jelly dapat meningkatkan metabolisme lipoprotein, mengurangi serum total cholesterol, dan kadar LDL. (Aulia/DC/freedigitalphotos)