FAMILY & LIFESTYLE

Manfaat Madu Bagi Manusia

madu


Sebagian besar masyarakat mempercayai madu merupakan bahan alami yang baik untuk imunitas tubuh. Ya! Cairan kental yang berasal dari lebah ini memang menawarkan banyak khasiat, baik bagi mereka yang sehat, maupun yang sedang dalam keadaan sakit, termasuk di dalamnya para pengidap kanker.

Pada orang sakit, konsumsi madu berperan untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. “Dengan manfaat ini, diharapkan pertumbuhan sumber penyakit pada orang tersebut dapat dihentikan,” ungkap dr. Ivan. Sementara pada pengidap kanker, madu dipercaya dapat meminimalisir efek samping yang timbul dari program kemoterapi yang mereka jalani. Dokter Ivan juga mengatakan, produk perlebahan seperti madu dapat menghambat multiplikasi atau pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan sistem imunitas tubuh mereka.

Namun jika Si Kecil memiliki tenggorokan yang sangat sensitif, sebaiknya hindari mengonsumsi madu secara langsung. “Hal ini untuk menghindari rasa tak nyaman pada tenggorokan karena cairan madu yang kental dan mencegahnya terkena radang tenggorokan,” tambah dr. Ivan. Untuk itu, Anda dapat mencampurkan produk madu bersama sereal, oatmeal, atau sebagai selai roti yang lezat untuk Si Kecil.

Madu juga sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki riwayat buruk pada kehamilan. Ibu hamil pun disarankan untuk mengonsumsi madu beberapa hari menjelang persalinan untuk menambah cadangan energi dan tenaga saat melahirkan. (Aulia/DC/freedigitalphotos)