FAMILY & LIFESTYLE

Nirina Zubir Peduli Kesehatan Gigi Anak

nirina


Sebagai ibu dari dua anak, Zivara Ruciragati (Zi), 3, dan Elzo Jaydo (Zo), 1, artis Nirina Zubir sangat peduli dengan kesehatan gigi anak-anaknya. Saat ditemui di daerah Mahakam, Jakarta, pada Senin (2/09), Nirina sangat mengamati pertumbuhan gigi sang anak, terutama terhadap kerapihan dan kebersihannya. Menurutnya, kesehatan gigi juga berpengaruh bagi pencapaian cita-cita anak di masa depan. Hal ini dilakukannya karena pengalamannya di masa kecil.

“Dulu waktu remaja saya sempat ingin jadi model pasta gigi, yang tentunya dituntut kerapihan giginya. Tapi, gigi bagian atas dan bawah saya ada yang masuk ke dalam. Saat itu juga saya segera ke dokter gigi untuk merapikan gigi, dan ternyata ada 4 gigi yang harus dicabut. Saya juga pernah ditolak menjadi penyiar oleh salah satu stasiun radio karena cadel huruf S, yang terpengaruh dari susunan gigi saya. Dari situ saya sadar, memang harus menjaga kerapihan, kebersihan, dan kesehatan gigi sedini mungkin. Makanya, saya sudah melatih anak-anak membersihkan gigi sejak kecil,” ungkap pemeran Rachel dalam film Heart itu.

Nirina juga rajin membersihkan gigi dan mulut anak-anaknya. Setiap hari ia selalu mengecek kebersihan mulut dua buah hatinya. Apabila ada sisa ASI atau susu di mulut, ia langsung membersihkannya dengan air matang. Nirina mulai mengajarkan anak pertamanya, Zi, untuk menyikat gigi sejak 2 tahun.

“Mereka suka menirukan saya. Makanya saya mencontohkan hal-hal baik, seperti sikat gigi. Saya juga suka bilang kepada Zi, kalau dia 'nggak' mau sikat gigi, nanti mulutnya bau dan sakit. Akhirnya dia mau sikat gigi. Saya selalu memantau hasil sikat gigi Zi, supaya yakin benar-benar bersih,” jelas artis 33 tahun itu.

Selain membersihkan rongga mulut, Nirina menjauhkan anak-anaknya dari makanan manis yang kerap menjadi penyebab utama kerusakan gigi. “Saya melarang keras mereka makan permen, tetapi mereka masih boleh makan cokelat atau es krim,” katanya.

Menurut Nirina, sedari kecil orangtua juga perlu memperkenalkan anak pada dokter gigi. “Dokter gigi sekarang ini sudah canggih. Ruangan dan alat-alat dokter gigi untuk anak juga sudah didesain lebih nyaman untuk anak. Anak-anak saya juga biasa saya ajak ke dokter gigi,” tambah mantan VJ MTV itu. (Aulia/doc.M&B)