BABY

Inilah 4 Tanda Bayi Siap Makan



Saat usia bayi lebih dari 6 bulan, ASI saja tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan makronutrien dan mikronutriennya. Oleh karena itu, Moms perlu memberinya makanan pendamping ASI (MPASI). Untuk mengetahui apakah Si Kecil sudah siap makan atau belum, perhatikan 4 tanda berikut yang diberikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia.

1) Secara fisik, bayi sudah mampu menahan kepalanya untuk tetap tegak. Ia juga sudah bisa duduk tanpa atau dengan sedikit bantuan. Selain itu, bayi sudah dapat menjaga keseimbangan badannya ketika tangan mereka meraih benda di dekatnya.

2) Bayi memiliki refleks ekstrusi atau sering menjulurkan lidah. Kalau refleks itu sudah berkurang atau bahkan menghilang, pertanda Si Kecil siap makan.

3) Dari segi psikologis, bayi siapa makan ketika sudah lebih mandiri dan eksploratif. Si Kecil juga sudah menunjukkan minta makan dengan cara membuka mulutnya.

4) Selain itu, bayi akan memajukan tubuhnya ke arah makanan ketika ia lapar. Sebaliknya, jika tidak mau makan atau masih kenyang, ia akan menarik tubuhnya ke belakang atau menjauh dari makanan. (Tiffany/Meiskhe/HH/dok.BabyCenter)