BABY

Tip Membersihkan Botol Susu Si Kecil

botol bayi


Botol susu biasanya digunakan sebagai wadah ASIP (ASI perah) ibu bekerja. Sebagai salah satu wadah makanan Si Kecil yang digunakan sehari-hari, tentu perawatan botol susu perlu diperhatikan. Botol susu harus segera dibersihkan setelah digunakan, agar sisa susu tidak membusuk dan menjadi sarang kuman. Perhatikan cara membersihkan botol dan dot Si Kecil agar perlengkapan tersebut tetap bersih dan awet.

1.Lepaskan semua bagian botol. Tuangkan cairan pembersih khusus secukupnya ke botol dan bagian-bagiannya. Lalu tuangkan sedikit air untuk memudahkan proses pencucian.

2.Bersihkan dasar botol dengan sikat khusus. Ada beragam jenis sikat, pilihlah yang berbulu lembut seperti sikat gigi dan bulunya tidak mudah lepas dari gagangnya. Lakukan gerakan memutar untuk membersihkan dasar botol.

3.Bersihkan sisi atau pinggiran dalam botol dengan menggerakkan sikat naik turun dan menyentuh dinding botol.

4.Lalu lanjutkan dengan membersihkan bagian bibir botol. Gunakan sikat kecil supaya menjangkau setiap celah tutup botol.

5.Bersihkan gelang dot. Gunakan pula sikat kecil untuk bagian ini. Perhatikan pula bagian ulirnya yang mungkin ditempeli sisa susu.

6.Jangan lupa untuk membersihkan dot dengan memakai sikat kecil. Pinggiran dot juga perlu dibersihkan, agar tidak ada sisa-sisa susu yang tertinggal.

7.Untuk mencuci tutup botol, cukup gosok dengan tangan atau spon pembersih agar bisa menjangkau bagian dalamnya.

8.Terakhir, bilas semua bagian botol dengan air mengalir. Jangan membilasnya dengan merendam di dalam wadah berisi air, karena dapat menyebabkan sisa kotoran yang sudah terlepas menempel lagi.

9.Disarankan, Anda juga menyediakan beberapa botol susu di rumah agar kebutuhan susu Si Kecil terpenuhi dengan baik. (Aulia/OCH/doc.M&B)